Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Luwu Utara Laksanakan Sosialisasi Penyusunan APBDes

0
5

LUWU UTARA, CNEWS — Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Luwu Utara turun langsung mensosialisasikan penyusunan APBDes di lingkup pemerintah Kecamatan Rampi. Sosialisasi ini diadakan di sekretariat Pemerintah Kecamatan Rampi yang berada di jl. Muhamad Hatta, Kelurahan Baliase Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu utara.

“Kami sengaja buat disini karena kebetulan semua kepala desa dari Rampi ada di Masamba. Ujar Sekcam Rampi Samsu Sammang,” ujarnya.

Sosialisasi ini dihadiri langsung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Misbah). Dalam arahannya Misbah mengatakan bahwa dalam pengelolaan dana ADD dirinya menghimbau kepada kuasa pengguna anggaran untuk lebih mengedepankan transparansi. “Saya meminta kepada semua kepala desa agar dalam penggunaan anggaran ini kita transparansi kepada masyarakat,” ujar Kepala Dinas PMD Luwu Utara.

Kadis PMD menambahkan bahwa tahun ini akan dibentuk tim unit pengaduan masyarakat. Unit pengaduan masyarakat lebih efektif menghindari adanya advokasi dari luar yang tidak bertanggung jawab.  “Kita juga bisa memberikan ruang kepada masyarakat ketika ada masalah pekerjaan yang lambat penyelesaiannya mereka bisa langsung koordinasi dengan tim Unit Pengaduan Masyarakat,” katanya.

Diakhir sosialisasi tersebut disampaikan pula besaran anggaran yang dikucurkan untuk masing masing desa se-Kecamatan Rampi tahun 2017 dengan Rincian :
1. Desa onondowa Rp. 1.149.357.000
2. Desa Rampi Rp. 1.141.944.000
3. Desa Leboni Rp. 1.121.125.000
4. Desa Dodolo Rp. 1.019.623.000
5. Desa Sulaku Rp. 1.117.804.000
6. Desa Tedeboe Rp. 1.150.055.000.

Camat Rampi menyampaikan bahwa diawal pemerintahan sebagai masa perkenalan baik dilingkup pemerintahan kecamatan, pemerintahan desa dan kepada masyarakat Rampi dirinya akan mengedepankan pelayanan yang terbaik untuk menciptakan transparansi penggunaan oleh semua kepala desa. Ujar camat Rampi Yansen Tempo.

Turut hadir Kabid Pemdes Andi Rahmat, Kabid UEP Syawal Sammang, Kabid Kelembagaan Andi Ikbal dan juga Pendamping desa kecamatan Rampi Mardolaes Tumampa. (LAPORAN FRANS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here