Kadis Kehutanan Sulsel Targetkan Penyediaan 10 Juta Bibit Pohon pada 2017

0
28

MAKASSAR — Kepala Dinas Kehutanan Sulawesi Selatan Muh Tamzil mengatakan pihaknya menargetkan penyediaan 10 juta bibit pohon tanaman kehutanan secara gratis pada 2017.

“Target jangka panjang 100 juta batang hingga 2018, dan hingga 2016 kami telah menyediakan 44,6 juta batang, harapannya pada 2017 ini kami bisa menyediakan 10 juta bibit tanaman kehutanan gratis,” kata Muh Tamzil saat memaparkan Program Strategis SKPD di Lingkup Pemprov Sulsel di Makassar, Senin.

Ia mengatakan penyediaan bibit gratis tanaman kehutanan ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi luas lahan kritis di Sulsel

Total anggaran untuk kegiatan ini mencapai Rp2,39 miliar yang berasal dari dana APBN dan APBD. Anggaran tersebut, lanjutnya, relatif kecil dibandingkan jumlah kebutuhan anggaran untuk penyediaan bibit.

“Ini yang kami harapkan partisipasi dari masyarakat, dan swasta untuk membantu,” ucapnya.

Ia menjelaskan luas kawasan hutan di Sulsel mencapai 2,72 juta ha, sayangnya sebagian besar kawasan hutan tersebut dalam kondisi kritis, sehingga tidak berfungsi sesuai peruntukannya.

“luas lahan kritis di Sulsel mencapai 516,3 ribu ha, yang terdiri dari 419,8 ribu ha lahan kritis, dan 96,5 ha lahan yang sangat kritis,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, ada beberapa dampak yang ditimbulkan akibat kerusakan hutan atau lahan kritis tersebut. Seperti, banjir di musim hujan dan kekurangan air di musim kemarau, menurunnya suplai energi dari PLTA, menurunnya suplai air baku PDAM, dan menurunnya kebutuhan air untuk irigasi.

“Kami akan fokus untuk menangani lahan kritis tersebut,” pungkas dia. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here