Parepare Dianggap Layak Sebagai Kota Sehat

0
69

PAREPARE—-Setidaknya ada 5 orang dari Tim Verifikasi Provinsi Sulawesi Selatan, melakukan verifikasi dokumen sekaligus Pemantauan langsung, Kesiapan Kota Parepare sebagai salah satu Kota Sehat 2017 ini.

Walikota Parepare H.M.Taufan Pawe menerima langsung, Rombongan tim verifikasi  didampingi Sekretaris Daerah Kota Parepare, Drs. Mustafa Mappangara di ruang rapat Walikota, Kamis (16/2/2017) siang tadi.

Taufan dalam sambutan memperlihaykam amtusiasnya, atas kedatangan tim verifikasi kota sehat di Kota Parepare

“Komitmen kami memang menjadikan kota Parepare ini sebagai kota sehat. Bahkan mimpi kami sebenarnya kota ini tidak hanya menyandang predikat sebagai kota sehat tetapi juga kota cerdas, dan itu secara bertahap kami wujudkan”, papar Taufan.

Dihadapan tim verifikasi, Taufan pun banyak memaparkan tentang terobosan dan langkah –  yang ditempuh jajaran Pemerintah Kota dalam mewujudkan kota sehat ini. Terbukti tahun 2015 lalu, Kota Parepare berhasil mendapatkan predikat kota sehat kategori Swasti Saba Wistara.

Predikat yang  kami raih sebelumnya ingin kami pertahankan bahkan kalau perlu ditingkatkan karena menyandang kota sehat merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat kota Parepare”, ujarnya.

Dijelaskan Taufan, identitas Kota Parepare sebagai Kota Ulama dan Kota Santri membuat Ia termotivasi untuk menjadikan kota Parepare menuju  kota sehat.

“Sebagai kota Ulama dan Kota Santri tentu nilai – nilai keimanan harus terpatri dalam diri masing-masing masyarakat Kota Parepare. Dengan nilai keimanan ini otomatis akan membuat masyarakatnya selalu berperilaku sehat dan bersih sebab kebersihan sebagian dari iman”, jelas Taufan.

Disamping itu, pembangunan – pembangunan di Kota Parepare selama kurun waktu tiga tahun terakhir ini kata Taufan semuanya dilakukan dengan pendekatan ramah lingkungan dan menggunakan teknologi Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL).

“Tidak ada pembangunan di Kota Parepare yang tidak ramah lingkungan, selain itu kami juga melakukan pendekatan ruang terbuka hijau. Ini kami lakukan sebagai wujud komitmen bahwa kami tidak berhenti berpikir agar pembangunan yang dilakukan tetap pada konsep kota sehat dengan pendekatan empiris serta pelibatan masyarakat”, bebernya.

Ketua Tim Verifikasi Kota Sehat Propinsi Sulawesi Selatan, Muhammadong menyatakan apresiasinya kepada jajaran Pemerintah Kota Parepare yang menyambut kedatangan tim verifikasi.

“Jarang ada kabupaten/kota yang kami datangi dengan kesiapan seperti ini. Kami mengucapkan terima kasih atas apa yang telah dilakukan jajaran Pemerintah Kota Parepare, ini bukti Kota Parepare berkomitmen penuh mewujudkan kotanya sebagai kota sehat. Dan impian kami dari Tim, Kota Parepare dapat menjadi kota utama di Sulawesi selatan.(effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here