Kepala Sub Seksi Pendaftaran BPN Gowa Terjaring OTT, JARRAKO !!!

0
64

Seorang oknum pejabat Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan atas nama Faizal bersama supir pribadinya AC terjaring dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) lalu diamankan oleh tim Saber Pungli Polda Sulsel, Rabu 22 Feberuari 2017.

“Tim masih melakukan pengembangan untuk mengungkap siapa saja oknum lainnya di kantor BPN Gowa yang melakukan praktik Pungli,” kata Kepala Bidang Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, Rabu.

Penangkapan dua pelaku ini oleh tim Ditresrimum Polda sekitar jam 11.00 WITA di depan kantor ATR/BPN Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Hal ini berdasarkan laporan salah satu korban merasa diperas FA diketahui menjabat Kepala Sub Seksi pendaftaran BPN Gowa untuk pengurusan sertipikat tanahnya.

Korban berinisial IMD kemudian melaporkan hal ini ke lembaga Ombudsman Sulsel sebab tidak tahu mau melapor kemana, sebab dirinya sudah gerah terus diminta sejumlah uang untuk memuluskan mendapatkan sertipikatnya.

Usai melaporkan ke Ombusman perwakilan Sulsel kemudian berkoordinasi dengan tim saber Pungli Polda Sulsel untuk memasang perangkap terhadap para pelaku tersebut.

“Saat itu AC diamankan sebagai supir pejabat Faizal. Dia ditangkap di depan kantor BPN Gowa bersama uang sebesar Rp2,17juta sebagai uang adminisitrasi. Korban malah diminta lagi menyerahkan uang Rp13 juta untuk pengurusan pemisahan lahan dalam sertipikat,” kata Dicky.

Saat dikembangkan, AC mengaku bila dirinya hanya orang suruhan untuk menerima uang tersebut, kemudian menunjuk majikannya FA saat ini menjabat Kepala Sub Seksi Penetapan Tanah BPN Kabupaten Gowa.

Bahkan diduga kuat Faizal selama ini melakukan praktik pungli menggunakan perantara sopirnya ke beberapa korbannya kebanyakan bergelut di lembaga notaris dan pengembang perumahan.

Secara terpisah, Kepala Ombudsman Perwakilan RI Sulsel, Subhan Joer dikonfirmasi membenarkan operasi OTT tersebut dilakukan tim saber pungli Polda Sulsel bersama dengan timnya saat itu menangkap sopir dan oknum pejabat di BPN Gowa, Sulsel.

“Korban IMD telah melapor kepada kami, kemudian kita berkoordinasi dengan kepolisian, akhirnya AC sopir oknum tersebut bertemu dengan korban lalu uangnya diserahkan, tim kemudian membuntuti mobil AC dari belakang dan tepat dipintu masuk kantor BPN Gowa, tim langsung mencegatnya kemudian menggeledah mobil AC. Uang tersebut ditemukan tim lalu menangkapnya bersama FA,” ujar Subhan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here