Deh, Deh, Dehhh…. Kepala SMA 5 Makassar Raup Pungli Hingga Rp500 Juta

0
7

MAKASSAR — Tersangka Kepala SMA Negeri 5 Makassar, Muhammad Yusran diduga meraup pungli penerimaan siswa baru 2016 lima ratusan juta rupiah.

Temuan tersebut diperoleh penyidik, dari beberapa saksi dan alat bukti. Dimana tersangka disinyalir telah meminta sejumlah, uang bagi calon siswa baru. Agar bisa diluluskan masuk di sekolah tersebut.

Adapun dari tiap calaon siswa baru, tersangka meminta pembayaran uang dengan jumlah bervariatif, dengan dalih agar bisa diluluskan, masuk di kelas baru, yang telah disipkan bagi calon siswa baru.

“Tersangka disinyalir meminta sejumlah uang, yang jumlahnya bervariatif, untuk meluluskan calon siswa baru,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Makassar, Deddy Suwardy Surachman, Minggu (26/2/2017).

Dengan dalih diantaranya untuk pembayaran uang sumbangan. Serta untuk pembyaran uang bangku. Jumlahnya kata Deddy diperkirakan mencapai Rp500 juta.

“Diperkirakan jumlah pungutan yang dilakukan tersangka, jumlah sekitar Rp500 jutaan,” bebernya.

Hanya saja angka tersebut menurut Deddy, masih sebatas perkiraan saja. Jumlahnya belum bisa dipastikan, dia berdalih jumlah tersebut. Sifatnya masih potensi, “bisa saja jumlahnya kurang dan bisa saja lebih jumlahnya,” tandas Deddy.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Seksi Intelejen Kejari Makassar, Alham, jumlah tersebut masih sebatas perkiraan. Perhitungan jumlahnya menurut dia, itu belum fiks, nanti setelah selesai pemeriksaan saksi. Baru bisa dipastikan jumlah pungutan yang, diperoleh tersangka dalam kasus ini.

“Tersangka diduga telah memungut pembayaran terhadap, 100 orang calon siswa baru,” tandasnya.

Dari 12 kelas dan 3 kelas tambahan, yang diperuntukkan bagi calon siswa baru. Tersangka memungut uang pembayaran dari calon siswa baru, dengan berbagai macam alasan.

“Katanya uang itu untuk beli bangku, kebutuhan sekolah dan sekolah kekurangan banyak dana,” kata Alham.

Jumlah pembayaran yang dipungut tersangka. Berkisar antara Rp3 juta hingga Rp10, dari tiap siswa
yang dimintai pembayarannya oleh tersangka.

Kini tersangka Kepala SMA 5 Makassar, Muhammad Yusran dijebloskan ke Lapas Kelas 1 Makassar. Demikian dilansir oleh salah satu media online. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here