2017, Tiga Organisasi Perangkat Daerah Bergabung di DPM-PTSP Makassar

0
21

MAKASSAR – Sebanyak tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) resmi memindahkan kewenangan proses pengurusan perizinan┬ákepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Makassar tahun ini.

Tiga OPD itu adalah Dinas Perhubungan (Dishub) Makassar, Dinas Tata Ruang (DTR) Makassar, dan Dinas Perdagangan (Disdag) Makassar.

Kepala DPM-PTSP Makassar, Andi Bukti Djufri mengatakan, semua proses pengurusan terkait retribusi perizinan sudah tidak dapat dilakukan di OPD tersebut saat pemindahan kewenangan berlaku.

“Jadi tidak ada lagi yang dikembalikan ke dinas teknis, semua bermuara di DPM-PTSP. Begitu mengurus di DPM-PTSP, maka di situ pendaftaran masuk, di situ pula perizinan dikeluarkan,” kata Bukti kepada Rakyatku.com, Sabtu (18/2/2017).

 

Di 2017, lanjutnya, OPD yang ditargetkan bergabung memang hanya tiga. Mengingat pemindahan kewenangan harus dirancang di Rencana Kegiatan Anggaran (RKA).

Bukti berharap di tahun depan, semua pengurusan perizinan yang ada di seluruh OPD di Kota Makassar sudah dipindahkan ke DPM-PTSP.

“Setelah pemindahan dilakukan, dinas terkait hanya tinggal melakukan pengawasan dan kajian teknis lapangan atas perizinan fisik yang diajukan pemohon,” jelas dia. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here