Tujuan Terbentuknya DPM-PTSP Kota Makassar

0
6

MAKASSAR – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Makassar merupakan sebuah instansi yang memberikan jasa pelayanan publik di sektor perizinan.

“Pembentukan DPM-PTSP atau yang dulunya dikenal sebagai Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPTPM) ini adalah jawaban atas kebutuhan dan tuntutan masyarakat akan adanya sistem perizinan yang lebih kondusif,” terang Kepala DPM-PTSP Makassar Andi Bukti Djufri, Jumat (24/2/2017).

Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Makassar dalam meningkatkan sistem pelayanan di sektor perizinan. Maka Wali Kota Makassar menetapkan DPM-PTSP sebagai tempat pelayanan perizinan dengan sistem pelayanan satu pintu.

Kebijakan ini ditandai dengan dikeluarkannya Peraturan Wali Kota (Perwali) Makassar Nomor 20 Tahun 2014 yang memuat tentang Tata Cara Pemberian Izin melalui satu pintu. Dimana pelayanan hanya berawal dan berakhir di dinas yang baru saja mengalami perubahan struktur kerja tersebut.

“Sesuai dengan Tupoksi DPM-PTSP Makassar, kami hadir untuk mengoptimalkan pelayanan masyarakat. Menyederhanakan proses, efisiensi, dan ketetapan waktu setiap pelayanan, serta mewujudkan pelayanan berkelas dunia,” tuturnya.

Dengan dilaksanakannya pelayanan perizinan yang prima, lanjut Andi Bukti, maka secara bertahap perizinan dan legalitas bagi usaha akan memberikan multiflier effect kepada Kota Makassar.

“Di antaranya perkembangan sektor riil, perdagangan, dan investasi yang secara tidak langsung memberikan dampak positif pada penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here