MARI BELAJAR MENGENAL ISTILAH DALAM PELABUHAN

0
55

Di dalam pelabuhan, kita sering mendengar begitu banyak istilah yang biasanya hanya dipahami oleh mereka yang setiap hari, setiap waktu berkecimpung di dalamnya.

Meski begitu, tidak ada salahnya kita sebagai masyarakat awam ikut mengetahui istilah-istilah yang ada di pelabuhan, agar kita juga bisa memahaminya.

Berikut beberapa istilah di dalam kepelabuhanan yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

Receiving adalah aktivitas pergerakan Container dari hinterland/luar melalui in gate menuju Container Yard (CY)/lapangan penumpukan untuk di stack atau ditumpuk.

 

Loading adalah aktivitas pergerakan Container dari Container Yard (CY)/lapangan penumpukan menuju dermaga ke kapal untuk dimuat.

 

Unloading/discharge adalah aktivitas pergerakan Container dari kapal menuju ke Container Yard (CY)/lapangan penumpukan untuk di stack.

 

Delivery adalah aktivitas pergerakan Container dari Container Yard (CY)/lapangan penumpukan melalui out gate menuju hinterland.

 

Stevedoring adalah pekerjaan membongkar petikemas dari palka kapal ke atas chasis/dermaga atau sebaliknya dengan menggunakan crane kapal atau crane darat.

 

Trucking/haulage adalah pekerjaan mengangkut petikemas dengan menggunakan chasis dalam daerah kerja pelabuhan dari lambung kapal ke Container Yard (CY)/lapangan penumpukan atau sebaliknya.

 

Shifting grounded adalah pekerjaan memindahkan Container dari bay/row/tier ke bay/row/tier yang lain dalam palka kapal yang dilaksanakan dengan menumpuk lebih dahulu ke dermaga.

 

Relokasi adalah pekerjaan memindahkan Container dari blok/slot/row/tier ke blok/slot/row/tier lain di Container Yard (CY)/lapangan penumpukan dengan tujuan pengelompokkan Container di suatu tempat atau pengosongan tempat penumpukan.

 

Angsur adalah pekerjaan memindahkan Container dari suatu tempat ke tempat lain dalam Container Yard (CY)/lapangan penumpukan tanpa menggunakan trailer/chasis.

 

Transhipment adalah pekerjaan pembongkaran Container dari kapal pengangkut pertama disusun dan ditumpuk di Container Yard (CY)/lapangan penumpukan dan dimuat dan dimuat di kapal pengangkut kedua.

 

Reefer monitor adalah pekerjaan memonitor kapasitas supply listrik dan temperatur di dalam Container reefer.

 

Lift on adalah pekerjaan mengangkat Container dari tempat penumpukan ke atas chasis dengan menggunakan transtainer/top loader atau alat lain.

 

Lift off adalah pekerjaan mengangkat Container dari atas chasis ke tempat penumpukan  dengan menggunakan transtainer/top loader atau alat lain.

 

Unstuffing adalah pekerjaan mengeluarkan barang dari Container dan disusun di atas alat angkutan.

 

Stacking adalah pekerjaan menyusun Container di Container Yard (CY)/lapangan penumpukan atau tempat penumpukan lainnya. (ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here