Bendungan Desa Onondowa Kecamatan Rampi Butuh Perhatian

0
3

Seperti inilah nampak bendungan yang sangat memprihatinkan Di Desa Onondowa Kecamatan Rampi Kabupaten Luwu Utara.

Jika musim hujan tiba bendungan yang terbuat dari kayu dan tumpukan rerumputan yang digunakan untuk membendung volume air yang deras, tidak menunggu waktu lama hanya hitungan menit saja jika banjir datang bendunganpun jebol.

Seperti yang diutarakan oleh Camat Rampi (Yansen Tempo) kepada awak media Cnews pada Sabtu, 18 Maret “bendungan ini memang harus ada perhatian khusus karena jika hanya mengandalkan bendungan darurat dari kayu dan tumpukan rumput tidak lama dihantam banjir pasti hanyut”. Ujarnya

Sangat memprihatinkan keadaan bendungan ini, betapa tidak bendungan yang tepatnya berada disungai Mokoka desa Onondowa ternyata melayani 3 sumber kebutuhan masyarakat yakni :
1. Sebagai Sumber Air bersih
2. Sebagai Sumber Irigasi/pengairan area persawahan,
3. Sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH).

Seperti kata Amner Gerosi (Kepala Desa Onondowa saat ditemui dirumahnya “saya sangat menyayangkan jika ini tidak ada perhatian maka masyarakat saya akan mengalami 3 hal yaitu area sawah kering, sumber air minum tidak ada dan lampu PLTMH tidak beroperasi” katanya

Tidak hanya itu (Serma Moh.Ikbal Pembina Kecamatan Rampi) turut prihatin, dirinya mengakui bahwa jika musim hujan tiba hal ini sudah merupakan rutinitas masyarakat desa onondowa bergotongroyong memperbaiki bendungan meskipun dengan peralatan seadanya. Tuturnya

Ditambahkan oleh Moh. Ikbal bahwa bendungan ini butuh perhatian serius oleh Pemda Luwu Utara sehingga dari 3 sumber kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi tanpa adanya hambatan karena banjir.

Tidak hanya itu salahsatu perwakilan mahasiswa Kecamatan Rampi Bangsi Bati dari lembaga Ikatan Pelajar Mahasiswa Rampi (IPMR) juga mengharapkan kepada pemerintah Kabupaten Luwu Utara agar secepatnya mengalokasikan anggaran untuk bendungan di Sungai Mokoka Desa Onondowa.
Saya hanya berharap agar Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani memberikan perhatian serius pada bendungan ini dan segera mungkin mengalokasikan dananya membuat bendungan sehingga masyarakat setempat tidak lagi terganggu ketika musim hujan tiba. tuturnya (frans)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here