Awasi Orang Asing, Kemenkumham Sulsel Bentuk ‘Tim Pora’ di Sinjai dan Bone

0
47

Untuk menjamin keamanan, stabilitas politik serta kewaspadaan terhadap orang asing, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Selatan membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA), Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Bone.

Kepala Divisi Keimigrasian Kemenkumham Ramli HS mengatakan, pembentukan tim ini bertujuan untuk menggalakkan peran seluruh instansi masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap warga negara asing (WNA).

Ia menambahkan sasaran dari Tim Pora ini untuk menyampaikan informasi mengenai keberadaan orang asing di wilayah masing-masing.

“Sulsel memiliki obyek wisata yang bagus dan banyak digemari oleh wisata asing sehingga perlu ada sinergi dan penyampaian informasi secara proaktif dari wilayah masing-masing kepada pihak imigrasi,” kata Ramli dikutip laman sinjakab.go.id, Rabu 29 Maret 2017.

Kabupaten Sinjai dipilih karena wilayah ini kerap terjadi pelanggaran maupun tindak pidana imigrasi dalam dua tahun terakhir.

“Ini yang memotivasi kita lakukan kegiatan ini di Sinjai,” jelasnya.

Tim Pora sendiri terdiri dari beberapa lapisan elemen pejabat daerah seperti dari Kantor Imigrasi dan beberapa stakeholder terkait seperti TNI, Polri, Kejaksaan, unsur Pemda Setempat, Kementerian Agama dan beberapa instansi lain.(otm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here