Pemkot Makassar Wajibkan Pegawai Tabung Sampah di Gadis Maccini

0
60

MAKASSAR – Satu lagi terobosan baru yang dilahirkan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dalam hal penanganan sampah.

Demi mewujudkan program Makassar ta Tidak Rantasa (MTR) kali ini Wali Kota Mohammad Ramdhan Pomanto meluncurkan program bank sampah bertajuk Gadis Maccini.

Gadis merupakan akronim dari Gabungan Dinas, di mana para pegawai lingkup Pemkot Makassar kini diwajibkan menabung sampah 2,5 kilogram. Peluncuran Bank Sampah Gadis Maccini melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ini berlangsung di kantor gabungan dinas Kota Makassar, Jalan Urip Sumoharjo, Kamis 30 Maret 2017.

Ketua Panitia peluncuran Bank Sampah Gadis Maccini, Agus Jaya Said mengatakan, hadirnya Gadis Maccini untuk mendukung upaya pemerintah  mewujudkan lingkungan masyarakat yang bersih, hijau, asri, dan sehat yang dicanangkan dalam program MTR.

“Kali ini kami menyasar pegawai negeri di lingkup Pemkot Makassar, mengingat banyaknya jumlah pegawai negeri di Pemkot Makassar. Semua akan diwajibkan menabung sampah sebanyak 2,5 kilogram,” ungkapnya.

Program wajib menabung ini kata Agus, diharap mampu mengurangi banyaknya sampah yang dihasilkan setiap harinya. Oleh karena itu, kehadiran Gadis Maccini inilah yang akan menampung sampah yang ditabung oleh para pegawai Pemkot Makassar.

“Pemkot Makassar melalui DLH dalam mengawal kebijakan persampahan secara bertahap menunjukkan kinerja nyata. Hal itu terlihat dengan pengurangan timbunan sampah yang setiap harinya masuk di TPA,” jelas Agus yang juga merupakan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Makassar.

Persemian Bank Sampah Gadis Maccini juga dihadiri Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal, Sekretaris Kota Makassar Ibrahim Saleh, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Makassar HA Gani Sirman. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here