Pemkot Makassar Luncurkan Aplikasi Tangkasarong, Solusi Atasi Masalah Sampah

0
74

MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar terus menujukkan keseriusannya dalam hal penanganan masalah sampah.

Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto meluncurkan aplikasi pengelolaan.

Aplikasi untuk perangkat Android dengan nama Tangkasarong diluncurkan di kantor dinas gabungan Kota Makassar, Jalan Urip Sumoharjo, Kamis 30 Maret 2017.

“Tangkasarong merupakan akronim dari Tabungan Bank Sampah Anak Lorong,” kata Wali Kota Danny sapaan akrab Ramdhan pada acara peluncuran.

Aplikasi tersebut kata dia adalah bagian dari program Bank Sampah yang dikenalkan Pemkot Makassar.

Danny menjelaskan, Tangkasarong dibuat untuk memudahkan masyarakat serta Bank Sampah Unit (BSU) dan Bank Sampah Pusat (BSP) dalam mengelola informasi sampah dan produk kerajinan berbasis ICT (Information Communication Technology).

Terdapat dua jenis aplikasi Tangkasarong yang bisa diunduh di Playstore yaitu Tangkasarong BSU/BSS dan Tangkasarong Bank Sampah. Keduanya bisa diunduh secara gratis oleh masyarakat Makassar.

Danny menjelaskan, permasalahan sampah selama ini terus saja menjadi beban kota. Olehnya itu pemerintah tak hentinya melakukan terobosan agar bagaimana sampah tersebut bisa diubah menjadi barang bernilai ekonomis atau dikonversi menjadi uang.

“Aplikasi ini memiliki berbagai fitur misalnya produk kerajinan dan sampah daur ulang, pada fitur ini terdapat hasil produk kerajinan dan produk sampah daur ulang dari BSU,” kata Danny.

Masyarakat juga bisa melakukan transaksi pembelian produk dengan mudah dengan menghubungi dan menuju lokasi bank sampah unit secara realtime.

Fitur lainnya, masyarakat bisa mengetahui lokasi BSU yang tersebar di Makassar. Ada juga fitur transaksi penukaran sampah yang mudah dan aman.

Danny berharap aplikasi ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Makassar demi mewujudkan program Makassar ta Tidak Rantasa (MTR).

Peluncuran aplikasi ini dirangkaikan pula dengan peresmian Bank Sampah Gabungan Dinas (Gadis Maccini), program bank sampah yang mewajibkan pegawai di lingkup Pemkot Makassar untuk menabung sampah sebanyak 2,5 kilogram.

Hadir pula dalam kesempatan ini Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal, Sekretaris Kota Makassar Ibrahim Saleh, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar HA Gani Sirman, dan Sekretaris DLH Makassar Agus Jaya Said. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here