Pelindo IV Target Dermaga Pelabuhan Ternate Rampung Tahun Ini

0
73

Bermodalkan dana Penyertaan Modal Negara (PNM) sebesar Rp100 miliar, PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) melakukan replacement dermaga 3.500 meter persegi dan peningkatan kegiatan bongkar muat petikemas di Dermaga Ahmad Yani, Pelabuhan Ternate.

General Manager PT Pelindo IV Cabang Ternate, Capt. Ansyhari Amin mengatakan dana PMN sebesar Rp100 miliar yang digunakan, diambil dari total dana PMN sebesar Rp2 triliun yang mengucur akhir 2015 lalu, untuk membiayai sembilan pelabuhan kelolaan di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

“Dengan anggaran sebesar itu [Rp100 miliar], Pelindo IV Cabang Ternate kebagian proyek pelebaran dermaga dan peningkatan kegiatan bongkar muat petikemas,” kata Ansyhari.

Menurutnya, proyek yang dikerjakan sejak Agustus 2016 tersebut, direncanakan rampung tahun ini juga. Hingga saat ini, progressnya sudah mencapai 71,15%.

Selain konstruksi bangunannya yang diperkuat, lebar dermaga juga ditambah dari sebelumnya hanya 15 meter menjadi 20 meter, sementara panjang tetap yaitu 148 meter.

Replacement dermaga ini diharapkan mampu menahan container crane, sehingga pelaksanaan bongkar muat di Pelabuhan Ternate dapat lebih cepat dari dermaga konvensional sebelumnya yang tidak dapat menahan container modern.

“Makanya kita ganti, kita buat yang baru yang dapat menahan untuk melakukan bongkar muat dengan menggunakan container crane,” ujar Ansyhari. (ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here