Diresmikan Kapolri, Polrestabes Makassar Miliki Command Center dan Panic Button, Masyarakat Bisa Download Aplikasinya

0
73

MAKASSAR — Kapolri Jenderal Tito Karnavian meresmikan dan menyaksikan pengoperasian Command Center dan Panic Button di Markas Polrestabes Makassar, Rabu (12/4).

Dua fasilitas tersebut diklaim memudahkan polisi dalam mengawasi situasi keamanan kota. Respon petugas juga akan lebih cepat terhadap laporan dari masyarakat. Sarana terhubung dengan total 300 kamera pengintai atau CCTV di titik strategis kota Makassar.

“Masyarakat bisa mendownload aplikasi, pertugas kepolisian juga bisa mendownload. Jika ada kejahatan maka polisi akan memberikan bantuan dan merespon,” ujar Tito.

Kapolri Tito Karnavian menjelaskan, dengan hadirnya Command Centre di Polrestabes Makassar sebagai integrasi Pemda, kepolisian dan instansi terkait. Ke depan ditargetkan penambahan hingga 3.000 kamera CCTV. Apalagi, ada peraturan di Kota Makassar yang mewajibkan pemilik bangunan memiliki CCTV dan wajib konek ke pemerintahan.

“Saya mengucapkan apresiasi pada Gubernur Sulsel dan Walikota Makassar agar CCTV ini bisa ditiru daerah-daerah lain di Indonesia” ucapnya.

Saat menyaksikan pemantauan CCTV, dihadapan Kapolri beserta rombongan, simulasi Penanganan Tidak Pidana jambret dan penanganan Laka lantas pun berlangsung. Tampak di layar besar, bagaimana petugas polisi segera dikerahkan menuju lokasi sesaat setelah kejadian. (mrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here