Satlantas Polres Maros Gelar Operasi Rutin Tertib Lalu Lintas

0
2

MAROS, CNEWS — Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Maros melakukan Operasi rutin, demi menekan angka kecelakaan dan kriminalitas di jalan raya, serta untuk menjaga ketertiban dalam berkendara. Operasi yang digelar pada, tanggal 4 April 2017 ini membuat sejumlah pengendara terjaring dalam operasi ini. Pengendara yang melanggar peraturan dan tidak memiliki kelengkapan surat berkendara diberikan sanksi berupa surat tilang.

Jenis pelanggaran yang banyak ditemukan antara lain tidak memiliki atau membawa Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Bagi para pelanggar yang terkena tilang, maka harus menjalani sidang untuk mengambil surat-surat kendaraan yang dibawa dalam operasi tersebut.

Dalam operasi yang dipimpin Kanit Turjawali Lantas Polres Maros, Ipda suyitno menjelaskan, pelaksanaan operasi yang berlangsung diperbatasan Kabupaten Maros dan wilayah Pangkep ini menjaring sejumlah pelanggar. Terpantau beberapa pengendara tidak lengkap diberhentikan petugas dan dibawa kepinggir untuk diperiksa kelengkapan surat kendaraannya.

Ia mejelaskan, bahwa giat ini merupakan operasi rutin yang dilakukan sebelumnya analisa dan evaluasi (Anev). Pasalnya, tingkat pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas kadang terjadi dan diupayakan untuk pencegahan melalui giat rutin ini.

Berbagai alasan dilontarkan para pelanggar demi lolos dari jeratan petugas. Ada yang mengatakan terburu-buru masuk kerja, rumahnya dekat, dan ada pula yang bilang lupa membawa surat-surat. Namun petugas tidak melepas begitu saja dari berbagai alasan pengendara. Pasalnya razia tersebut juga bertujuan untuk mengantisipasi adanya motor curian, serta mengamankan kondisi Pemilukada Serentak.

“Saat kita tangkap pelanggar, bervariasi alasannya kepada kita. Tapi tetap kami lakukan penindakan supaya dapat menurunkan angka pelanggar ini,” tegas Bripka Basri salah seorang personil lantas Polres Maros pada lokasi operasi operasi kendaraan. (LAPORAN : USMAN )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here