Kepsek SMA Negeri 1 Sabbang, Agus : Ujian Nasional Bukan Penentu Kelulusan Siswa

0
55

LUWU UTARA, CNEWS — Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sabbang, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan Drs Agus terus memberi motivasi kepada siswa terkait pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Faktor kelulusan bukan satu-satunya ditentukan oleh hasil UN, tetapi juga dilihat dari tingkat kerajinan siswa dan nilai UAS.

Bila selama ini terdapat kekhawatiran tentang nilai kelulusan bagi siswa ditentukan oleh hasil UN, maka bukan satu-satunya hal tersebut menjadi point penilaian kelulusan. “Kami tegaskan faktor kelulusan itu juga dilihat dari nilai kerajinan siswa dan nilai UAS,” kata Agus.

Ditambahkan oleh Agus, meski UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan siswa. Namun demikian, UN masih menjadi salah satu syarat masuk perguruan tinggi.

“Tidak ada istilah lulus dan tidak lulus dalam UN sekarang. Yang ada hanyalah apakah nilai UN sudah mencapai nilai kompetensi yang sudah diharapkan siswa atau belum,” kata Agus.

Dengan penerapan sistem seperti ini, Agus menilai siswa dapat melihat UN sebagai proses pembelajaran dan bukan semata-mata syarat kelulusan yang menakutkan. UN dalam hal ini menjadi alat ukur pemetaan pendidikan di tanah air. (sir/frans)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here