Disorot Biaya Pembuatan Paspor, Kepala Kemenag Makassar, Muhammad Nur Halik : Nanti Masuk Asrama Haji Baru Dikembalikan

0
3

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Makassar, Muhammad Nur Halik mengaku, dana pembuatan paspor memang dibebankan kepada Calon Jamaah Haji (CJH).

“Nanti masuk asrama haji pemberangkatan baru dikembalikan kepada jamaah karena biaya ONH sudah termasuk pembuatan paspor. Jamaah yang mengeluh sudah diberitahu, kalau semua akan dikembalikan uangnya,” terang Halik, Minggu (16/4/2017) petang.

Menurutnya, pengurusan paspor Calhaj harus dibayar tunai di imigrasi. Namun, Panitia Penyelengga Ibadah Haji (PPIH) belum memiliki dana. Calhaj yang keberatan akan diberikan penjelasan sesuai mekanisme. Calhaj yang bersangkutan pun sudah paham.

Sebelumnya, sejumlah calon jamaah Calhaj asal Makassar mengeluhkan biaya pembuatan paspor yang dibebankan kepadanya. Karena biaya paspor sudah termasuk dalam biaya haji yang sudah dibayarkan sebelumnya.

Biaya pengurusan paspor dipungut oleh panitia penyelenggara haji Makassar di Kantor Imigrasi Kelas 1 Makassar. Setiap calhaj dibebankan Rp370 ribu per orang.

“Kenapa kami disuruh bayar lagi untuk biaya paspor. Saya kira semua biaya haji sudah termasuk pengurusan paspor,” kata Aminah (37) salah seorang calhaj di Kantor Imigrasi Makassar belum lama ini.
“Kami mau penjelasan dari panitia haji, kenapa ada lagi biaya paspor Rp370 ribu? kalau memang ada aturannya, jangankan segitu, Rp10 juta pun kami bayar,” ujarnya.

Beberapa calhaj lainnya yang juga sementara pengurusan paspor di Kantor Imigrasi juga berpendapat sama dengan Aminah. Mereka mengeluhkan pungutan biaya paspor kepada mereka.Demikian dilansir oleh salah satu media online. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here