Kejaksaan Buka Kembali Korupsi Sapi Bunting, 4 PNS Dinas PKPK Segera Diperiksa

0
76
PAREPARE—Menyikapi Polemik Perkembangan Kasus Korupsi Bantuan perawatan Sapi Bunting bagi sejumlah Anggota Peternak dan Kelompok Tani di Kecamatan Bacukiki 2012 Lalu. Kembali akan dibuka pihak Kejaksaan.

Itu usai mendalami kembali berkas Perkara ini, dimana tiga Orang Peternak divonis Hukuma

1,4 tahun penjara plus denda Rp150juta di Pengadilan Tipikor Makassar, Rabu 19/4 lalu. Mereka dituding bertanggungjawab atas kasus Korupsi Bantuan Sapi Bunting, anggaran 2012 lalu. Ironisnya, ketiganya menjalani proses penyidikan hingga vonis tanpa didampingi penasehat hukum.

Ketiga Peternak ini  masing-masing Hasanuddin, Ketua Kelompok Tani Lontangge, Sukardi Bin Lawise, Kelompok Tani Massiddi dan Ketua Kelompok Tani Usaha Baru, Muhammad Saleh. Pengakuan Istri salah seorang peternak mengaku,

Suaminya tidak mungkin berbuat jika tanpa petunjuk Dinas. Katanya, atur saja. Ada bantuan Rp200 juta, tapi diambil sama kadis Rp20 juta. Sisanya bisa dibagi kepada 25 peternak anggota kelompok tani, meskipun tidak punya sapi bunting,” urai Nisa saat ditemui wartawan dirumahnya tempo hari.

Kini mereka bertiga yang sejatinya hanya warga miskin penerima bansos, sudah lima bulan mendekam dipenjara. Sementara pejabat yang bertanggungjawab atas proyek tersebut justru Kejari Parepare mengeluarkan SP3 alias penghentian penyidikan atas perkaranya. “Ini sebuah pembodohan, dan rakyat menjadi budak ketidakadilan,” tandas Nasir.

Atas kejadian diatas Pihak Kejaksaan segera melakukan Penyidikan dan kembali melakukan Pemanggilan Pemeriksaan kepada 4 Staff Dinas PKPK yang terkait dengan Program ini, antaranya 3 Orang Unsur Pendamping yang memberikan pendampingan ke pada 3 Kelompok Peternak. Sementara lainnya adalah Kadis PKPK yang menjabat saat itu.

Kajari Parepare Hj.Reskiana SH.MH sebelumnya mengaku akan membuka jika ditemukan bukti baru atas kasus ini.

 Kasi.Pidsus Kejari Parepare Muh.Hasby SH. Mengaku akan kembali melakukan Penyidikan kasus ini, Meski sebelumnya sudah memvonis 3 Ketua Kelompok Tani dan Peternak. Dan Ia mengaku dalam waktu dekat akan memanggil 4 Unsur Aparat Negara yang dianggap sangat dekat dengan bantuan Sosial Biaya Perawatan dan Pemeliharaan Sapi Bunting, Ungkap Mantan Kasi.Pidsus Kejari Enrekang ini.(Effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here