DPRD Kecam Disnakertrans Sulsel, Sri Rahmi : Data Saja Diminta tidak Becus

0
50

MAKASSAR — Kinerja Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulsel, mendapat sorotan keras dari Komisi E DPRD Sulsel. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini dinilai minim data.

Setiap rapat di Komisi E, dewan meminta data pengangguran dan serapan tenaga kerja di Sulsel. Namun data itu tak pernah diperlihatkan Disnakertrans. Hal ini disampaikan anggota Komisi E DPRD Sulsel, Sri Rahmi. “Berkali-kali kita sampaikan ke mereka (Disnakertrans), kalau ada rapat di komisi, tolong bawa data. Dari data itu kami bisa membaca banyak hal. Kalau tanpa data, kita semua bicara kosong,” kesal Sri Rahmi, kemarin.

Kader PKS ini menambahkan, Disnakertrans tidak pernah melakukan update data. Padahal tugas OPD mengharuskan updating data ketenagakerjaan di Sulsel. “Kalau data tidak ada, berdasarkan apa mereka membuat kebijakan? Anggarannya Rp31 M tahun 2016 untuk Disnakertrans, tapi data saja diminta tidak becus. Sistem Informasi Ketenagakerjaannya tidak update. Entah mereka punya niat tidak menyediakan data, atau lupa, atau memang tidak ada,” kesalnya.

Dalam menentukan suatu kebijakan, lanjut Sri Rahmi, sangat diperlukan. Karena tanpa data yang update, lalu lintas tenaga kerja tidak akan diketahui, berapa jumlah tenaga kerja Sulsel yang terserap, jumlah pengangguran dan berapa tenaga kerja asing yang ada di Sulsel. Demikian dikutip dari laman salah satu media online. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here