Pelindo IV Jadi Tuan Rumah Kegiatan IAPH di Bali

0
45

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) bersama Pelindo I, II dan III tahun ini mendapat kehormatan sebagai tuan rumah penyelenggaraan event berskala dunia, The 30th International Associations of Ports & Harbors Worlds Conference 2017 di Bali.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung mengatakan event yang akan berlangsung mulai 7 – 12 Mei ini merupakan suatu bentuk kepercayaan dunia kepada Indonesia, untuk menyelenggarakan kegiatan berskala internasional.

“Untuk itu, kami mengajak kepada seluruh pelaku maritim, kepelabuhanan, logistik, perkapalan dan pelayaran khususnya yang ada di Kawasan Timur Indonesia (KTI), untuk bersama memanfaatkan momen yang langka ini untuk mendapatkan pengetahuan dari berbagai pakar yang telah memiliki nama dan reputasi di dunia kepelabuhanan internasional,” kata Doso Agung.

Dia menuturkan, kehadiran dalam konferensi internasional ini akan dapat meningkan kualitas diri, khususnya yang terkait dengan bisnis maritim dan turunannya.

Lebih jauh dia juga mengatakan, keterlibatan sumber daya manusia (SDM) Indonesia dalam kegiatan ini akan memberi rasa percaya diri karena mampu mengembangkan potensi yang ada pada diri masing-masing melalui sharing ilmu pengetahuan yang diperoleh dari para pakar dunia bidang kepelabuhanan.

“Adapun out put dari kegiatan ini menurut saya, salah satunya adalah bagaimana meningkatkan pemahaman kepada SDM yang ada di negara ini, selaku Negara Maritim, untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.”

Sebelumnya, dalam rilis yang disebar beberapa waktu lalu, Kementerian BUMN juga mengajak seluruh stakeholder kemaritiman untuk mengikuti acara IAPH World Port Conference ke-30 di Bali.

Menteri BUMN, Rini Soemarno dalam kesempatan itu mengajak semua stakeholder kemaritiman dan BUMN untuk memanfaatkan event yang diinisiasi oleh PT Pelindo I, II, III dan IV tersebut.

Menurut Rini, IAPH World Port Conference ke-30 merupakan ajang penting yang mempertemukan pelaku Industri di seluruh dunia untuk membahas perkembangan Industri maritim, kepelabuhan, logistik, serta berbagai industri terkait lainnya.

Seperti dikutip dari website resmi iaphbali2017.com, acara ini menjadi ajang membahas berbagai kemajuan dalam industri maritim melalui konferensi yang mengusung enam tema besar terkait dengan Zona Ekonomi Ekslusif, Konektivitas Hinterland dan Multimodal Logistik, Evolusi Industri Pengiriman dan Rute Pengapalan, Jaringan Transport Kelautan dan Inovasi Pelabuhan, Kolaborasi Antar Pelabuhan dan salah satu sesi unggulan yaitu Transformasi Maritim Indonesia.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut juga terdapat pameran dari berbagai pelaku industri maritim internasional yang akan menampilkan inovasi dan terobosan di dalam dunia maritim di dunia.

Kementerian BUMN pun menyambut baik event tersebut, untuk menggali berbagai potensi ekonomi di sektor maritim. Dia menambahkan, event ini penting guna mewujudkan nawacita untuk Indonesia yang lebih baik.

“Event ini juga merupakan sebuah wujud sinergitas yang baik antar BUMN dalam mewujudkan nawacita. Diharapkan, lebih banyak stakeholder (terutama BUMN) yang terlibat dalam perhelatan internasional ini,” tutup Menteri Rini. (ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here