Sambut Ramadhan, Polisi-Dishub Operasi Patuh dan Rancek

0
81
PAREPARE—-Mengawali langkah Operasi Kelayakan Operasional Kendaraan dan Kelengkapan Administrasi Pengoperasian Kendaraan, Pihak Dinas Perhubungan Koordinator Terminal Lumpue Type A Kota Parepare dan Satuan Lalulintas Polres Parepare, malam tadi melakukan Operasi Patuh dan Rancek (Pengecekan Kendaraan).
Kegiatan dilakukan mengawali Ramadhan, untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan akibat ketidak layakan operasi kendaraan utamanya bagi Akdp (Angkutan kota dalam Provinsi) yang melintas di Terminal Type A Kota Parepare.
Usdek, Koordinator Terminal Type A Lumpue Kota Parepare, kepada Media malam tadi mengatakan, Pihaknya melakukan Operasi Rancek (Pemeriksaan Kelayakan Operasi Kendaraan) Dilakukan untuk mengantisipasi dan menekan sedini mungkin, Angka Kecelakaan akibat kendaraan yang tidak layak Operasi, selain itu juga merujuk kepada Perintah Dirjend Perhubungan Pudji Hartanto, antisipasi dan menekan sedini mungkin Kecelakaan Kendaraan dan angkutan massal akibat kendaraan yang tidak layak operasi.
“Kami berkoordinasi dengan pihak Satuan Lalulintas Polres Parepare, melakukan Operasi Rancek dan Patuh, itu dilalukan menghindari terjadinya kecelakaan mobil dan angkutan massal, apalagi jelang Ramadhan dalam waktu dekat” ungkap Usdek.
Dijelaskan, sasaran Operasi ini adalah ditujukan bagi kendaraan umum atau AKAP (Angkutan Kota Antar Provinsi) dengan sasaran, Ijin Operasi, Safety Kendaraan (Rem, Ban, Lampu dan Kondisi Umum Kendaraan), bagi Kendaraan yang tidak memenuhi ktiteria, Pihak Dishub melakukan Tindakan Tilang dan Peringatan, perbaikan dan pergantian hingga pelarangan Operasi bagi Kendaraan yang tidak memenuhi syarat operasi.
Sementara Pihak Satuan Lalulintas Polres Parepare juga melakukan Operasi Patuh dilokasi yang sama, sasarannya kepada kendaraan yang tidak dilengkapi dokumen kelengkapan kendaraan, muatan yang berlebihan dan kelengkapan administrasi Pengendara.
Operasi Rancek dan Patuh semalam dimulai sekitar pukul 21.00 hingga pukul 23.30 Rabu malam, Puluhan Kendaraan yang melintas di Kota Parepare diarahkan Masuk Kompleks Terminal Induk Type A Lumpue dan diperiksa pihak Terminal Type A Parepare.
Kasat Lantas Polres Parepare AKP.Andi Ali Surya S.Ik.dalam himbauan Operasi Mengatakan, pihaknya melakukan Operasi sesuai dengan Tugas dan Tupoksi masing masing, Operasi Patuh untuk Kepolisian dan akan mengkoordinasikan dengan Koordinator Terminal Type A dan Dirjend Perhubungan, Ungkap Mantan Kasat.Lantas Polres Kabupaten Maros ini.(Effendy)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here