Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sulsel Optimis Pencairan Dana Desa Bisa Rampung Juni

0
3

MAKASSAR — Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Selatan (DPMD Sulsel) menyatakan optimistis pencairan dana desa tahap pertama untuk 24 kabupaten/kota di provinsi itu akan rampung pada bulan Juni 2017.

“Bulan puasa ini kemungkinan sudah cair semuanya,” kata Kepala (DPMD Sulsel) Mustari Soba di Makassar, Rabu 8 Juni 2017.

Dari 11 kabupaten yang sebelumnya dilaporkan belum mencairkan dana desa, kata dia, sudah ada tambahan lima kabupaten lagi yang mencairkan dana desa, yaitu Kabupaten Barru, Bone, Luwu, Maros, dan Pinrang.

“Sekarang tinggal enam kabupaten yang menunggu verifikasi dari bagian Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan,” ujarnya.

Menurut Mustari, lambatnya pencairan dana desa ini disebabkan oleh terlambatnya laporan realisasi dan konsolidasi penggunaan dana desa serta laporan capaian keluaran kegiatan dari pemerintah desa.

“Akibatnya laporan ke Dirjen Perimbangan Keuangan juga terlambat, sehingga proses verifikasi dan pencairan juga tertunda,” kata dia.

Ia mengakui masih lambatnya proses pelaporan penggunaan dana desa ini disebabkan oleh masih minimnya kapasitas sumber daya manusia (SDM) aparatur di desa.

“Masalahnya menyangkut kapasitas SDM karena sampai saat ini, cuma masalah pelaporan. Hal ini yang kami dorong untuk dapat terus diperbaiki,” pungkasnya.

Sebelumnya, data yang dilansir oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Provinsi Sulsel menunjukkan terdapat 11 kabupaten di Sulsel yang belum memperoleh penyaluran dana desa.

Ke-11 kabupaten itu yaitu Kabupaten Maros, Bone, Wajo, Jeneponto, Barru, Sidrap, Enrekang, Pinrang, Luwu, Luwu Timur, dan Luwu Utara. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here