Selasa 20 Juni, Pemkot Parepare Gelar Buka Puasa Akbar Peduli Kaum Duafa

0
31
PAREPARE– Agenda buka puasa akbar yang digagas Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare dan Salah satu media harian Lokal di Kota Parepare, terus dimantapkan. Salah satu magnet untuk menyemarakkan buka puasa bersama ini adalah menghadiran dai kondang. Hal itu terungkap dalam pertemuan panitia kegiatan buka puasa akbar, diruang pola kantor Wali Kota Parepare, beberapa waktu lalu. Hasil rapat memutuskan untuk mendatangkan dai kondang dan pengantar buka puasa atau kultum yang berkompeten. Dai kondang Ajatappareng Hj Romlah SAg MA dan ustad muda Dr Iqbal Hasanuddin MAg menjadi pembawa tauziyah dan kultum pada hari H, Selasa, 20 Juni, pekan depan.
Rapat dipimpin Sekretaris Kota (Sekkot)Parepare Drs Mustafa Mappangara, memastikan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga camat dan lurah berpartisipasi menyalurkan donasi pada ajang yang digelar di sepanjang kawasan Tonrangeng River Side itu. Hingga kemarin, kata Sekkot, total donasi yang terkumpul mencapai Rp37 juta. Di samping itu, ada beberapa yang menyumbang dalam bentuk nasi kotak di antaranya Bank BRI, Bank Sulselbar, dan PT UPC Sidrap. “Jadi sudah ada 2.500 nasi kotak yang terkumpul hasil sumbangan dari Bank BRI 1.000 kotak, Bank Sulselbar 500 kotak, dan PT UPC Sidrap 1.000 kotak. Tinggal sedikit yang kita tambah mungkin 500 atau 1.000 kotak lagi, itu sudah banyak,” kata Sekkot Parepare Mustafa Mappangara.

Dia menekankan, pentingnya transparansi dalam kepanitiaan. Selain OPD dan camat yang menyumbang dalam bentuk dana, para Lurah 22 orang berpartisipasi memobilisasi sedikitnya 100 warga per Kelurahan yang didominasi kurang mampu untuk datang ke lokasi buka puasa bersama.

“Karena memang semangat buka puasa bersama ini adalah kepedulian terhadap kaum duafa. Jadi taglinenya Pemkot dan PARE POS Buka Puasa Akbar peduli kaum duafa, dan wali kota menyapa kaum duafa. Namun tetap kita ajak semua masyarakat Parepare, khususnya yang berada di sekitar Tonrangeng River Side,”jelasnya.

Setelah OPD, camat, dan lurah, Kamis hari ini, 15 Juni, giliran BUMN, BUMD, dan pengusaha yang diundang hadir di kantor wali kota untuk diminta partisipasinya di momen Amaliah Ramadan ini. “Kami harap, BUMN, BUMD, dan pengusaha turut peduli dengan berkontribusi pada ajang amal yang hanya sekali setahun ini,” harap Sekda. Nantinya saat Buka Puasa Akbar, selain kultum dan tauziyah juga akan diramaikan dengan hadiah kejutan (doorprize) bagi peserta yang beruntung. Diharapkan akan banjir hadiah berkat kontribusi dari para pengusaha. Dan ribuan masyarakat, tidak hanya merasakan berkah buka puasa bersama, mendengar ceramah religius, namun juga bisa pulang dengan membawa hadiah rezeki doorprize.

Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe mengharapkan, ajang amal ini tidak hanya menjadi ladang berkah tapi juga hiburan bagi masyarakat. Karena itu dia mengharapkan mulai senja sampai malam hari, sepanjang kawasan Tonrangeng River Side, ramai oleh masyarakat. Panitia sudah mengagendakan Buka Puasa Akbar ini dimulai sejak pukul 16.30, yang diawali dengan lagu-lagu nuansa religius dan kultum, kemudian buka puasa bersama, salat Magrib berjamaah. Selepas salat Magrib berjamaah, dilanjutkan dengan bagi-bagi doorprize hingga menunggu waktu Isya. Salat Isya berjamaah, kemudian dilanjutkan ceramah agama sebelum salat tarawih berjamaah. Kegiatan ditutup dengan salat tarawih berjamaah.(Effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here