Parepare Raih Swasti Saba Wistara, Level Tertinggi Kategori Kota Sehat

0
40
PAREPARE—-Warga dan masyarakat Kota Parepare patut berbangga soal kesehatan kota. Catatan prestasi Parepare sebagai kota sehat kembali memasuki tahapan penilaian di pertengahan 2017 ini.
Dalam kiprah penyelenggaraan kota sehat yang digelar 2005 lalu. Parepare tercatat sudah empat kali meraih penghargaan Kota sehat. Hal ini terungkap dalam Pengukuhan Forum Kota Sehat yang dihelat Kamis lalu, di Barugae, Kompleks Rumah Jabatan Walikota Parepare.
Dalam penilaian kota sehat yang berlangsung pertama kali di 2007 lalu, Parepare meraih penghargaan Kota sehat kategori Swasti Saba Padapa.
Level ini Swasti Saba Padapa,  merupakan klasifikasi penghargaan untuk kelas pemantapan bagi Kabupaten/Kota.  Penilaian kota sehat sendiri berlangsung dua tahun sekali. Pada penilaian kota sehat berikutnya tahun 2009 dan tahun 2011, Parepare kembali meraih penghargaan Kota sehat kategori Wiwerda.
Wiwerda merupakan penghargaan kota sehat yang diberikan kepada Kabupaten/Kota untuk kategori Pembinaan.
Sempat absen dalam perhelatan kompetisi Kota Sehat di  2013 lalu, Parepare kembali unjuk gigi di 2015 lalu. Lewat Binaan Walikota terpilih saat itu, DR. H. M. Taufan Pawe, SH. MH, Parepare sukses meraih penghargaan Kota Sehat kategori kelas puncak yaitu Swasti Saba Wistara. Wistara merupakan penghargaan terbaik kota sehat dengan kualifikasi penilaian tertinggi. Taufan mencatatkan Ia dalam sejarah bagi kota kelahiran mantan Presiden ke tiga RI, Prof. BJ. Habibie, sebagai wali kota pertama yang meraih kota sehat empat kali.
“Saya berharap dukungan seluruh pihak mulai dari tingkat Forum Kota sehat hingga seluruh kepala SKPD yang tergabung dalam tim pembina kota sehat agar Wistara bisa kembali kita raih di tahun ini,” ungkap taufan usai melantik Pengurus Forum Kota Sehat periode 2017-2019.
Penghargaan kota sehat disebut juga Swasti Saba terbagi menjadi tiga tingkatan. Pertama adalah Swasti Saba Padapa (Kategori Pamantapan) Swasti Saba Wiwerda (Kategori Pembinaan). Dan tingkatan tertinggi adalah Swasti Saba Wistara (Kelas Pengembangan) dan . Parepare menargetkan 2017 ini bertekad mempertahankan Pemghargaan Posisi Swasti Saba Wistara.(Effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here