BONGKAR !!! Pungutan Pelatihan Bumdes di Sinjai, Kades Dipungut Biaya Rp 20 Juta, Diduga ada Praktek Jual Beli Software

0
2

SINJAI, CNEWS — Belasan aktifis dari beberapa organisasi di Kabupaten Sinjai yang di kordinir oleh Khair Khalis Syurkati mendatangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sinjai Menyampaikan Aspirasi terkait beberapa polemik yang terjadi di Kabupaten Sinjai, salah satunya yakni polemik pelatihan Bumdes, Senin (10/7/2017).

Aspirasi tersebut diterima oleh Komisi I DPRD Sinjai, Musawir, Di dampingi oleh Andi Kartini dan Chaeril Putra di ruang aspirasi DPRD Sinjai.
Masalah pelatihan Bumdes, yang dilakukan oleh salah satu Yayasan yang dinilai tidak sesuai regulasi bahkan dinilai tidak memberi kulifikasi yang yang urgen dengan pembayaran 20 Juta Per Desa. “Suda ada 19 desa yang sudah membayar, dimana diduga Adanya jual beli software yang tidak sesuai standar kualifikasi BPKP,” ketus Awaluddin salah satu aktivis Sinjai.
Ketua Komisi I DPRD Sinjai, A. Sabir mengungkapkan bahwa terkait polemik tersebut pihak Dinas PMD diperintahkan untuk menghentikan kegiatan tersebut. “Jadi semua dana kepala desa yang sudah di transfer dalam kegiatan Bumdesa kami minta untuk dikembalikan,” tegasnya.
Sementara itu, menurut Pemerhati Desa, Darmawansyah bahwa apa yang telah dilakukan oleh Yayasan tersebut sangatlah keliru, dimana sepengetahuan dirinya bahwa Aplikasi atau Sofware yang patut dijadikan dasar pengolaan keuangan desa termasuk Bumdes adalah Aplikasi atau Sofware yang lolos verifikasi KPK yaitu Sofware yang dikeluarkan oleh BPKP dan tidak memungut biaya.
“Ini perlu ditelusuri, sebab aplikasi atau Sofware yang patut dijadikan dasar pengelolaan keuangan Desa termasuk Bumdes adalah Sofware yang lolos verifikasi KPK yaitu Sofware yang dikeluarkan oleh BPKP, dan itu gratis, tidak ada pungutan biaya,” kata Darmawansyah.
Informasi yang dihimpun, bahwa sejumlah kepala desa di Kabupaten Sinjai telah mentransfer dana senilai 20 juta rupiah ke nomor rekening milik sebuah yayasan. (LAPORAN : ADI PESTA IRAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here