Terkait Amdal RSUD Tonrangeng, Jangan Sampai “Beli Kucing Dalam Karung”

0
36

PAREPARE—Proses Pembangunan Gedung RSUD Type B di Wilayah Tonrangeng Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacikiki Parepare. Hingga saat ini, Proses Pembangunannya masih dalam tahap 20%. Meski Demikian Dokumen Kepemilikan Analiasi Dampak Lingkungannya (Amdal) masih dalam proses Penyusunan pihak ke III yang kini menunggu Proses Tender selaku Pemenang.

Terkait Pihak ke III Penyusun Amdal sebelumnya Pihak Dinas Kesehatan menunjuk Ke PT.Gesiplan Asal Makassar. Dan Dokumen Kontrak Penyusunan Amdalnya Masih Bersifat Kerangka Acuan Penyusunan yang kini dipegang pihak Kejaksaan dengan Nilai Kontrak Penyusunan Rp.188.000 juta lebih di 2015 lalu.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Dr.H.Muh.Yamin.M.Kes. dihubungi siang kemarin, mengaku Proses Penyusunan Amdal masih terus berjalan, dan hang ada Saat ini sejak Awal Pembangunan RSUD Sifatnya Kerangka Awal penyusunan Amdal.

“Amdal RSUD yang terbangun, pada Dasarnya Sementara disusun, dan yang sudah dianggarkan Adalah penyusunan Kerangka di 2015 lalu Rl.188.Juta lebih, Dokumen Amdal juga ibarat Beli Mobil yang Pemohon Pembelinya juga, baru akan mengurus Kepemilikan SIM, Sederhananya seperti itu” ungkap Dr.Muh.Yamin yang saat Pemaparan dokumen Amdal didampingi Hendrawan yang mengaku dari Consultan Penyusun Amdal PT.Gesiplan.

Terpisah, Pihak Pelaksana Kegiatan (PPK) Pembangunan RSUD.Tonrangeng, Muh.Arif Attas Skm. Dihubungi siang kemarin, mengaku PT.Gesiplan Yang menyusun Amdal RSUD Hingga saat ini, masih dalam tahap tender pihak Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemkot Parepare.

Dijelaskan Arif, Posisi Hendrawan di Dokumen PT.Gesiplan, hanya sebagai Tim Technis Sosial Budaya dalam Dokumen Penyusunan Amdal Satu Sektor Pembangunan. Hanya saja Muh.Arif Attas, tidak mampu memperlihatkan Dokumen yang dimaksud, Ia beralasan masih menunggu hasil Pengumuman Lelang dari ULP.

Terkait hal ini Anggota DPRD Kota Parepare H.Yusuf Nonci, dihubungi kemarin, mengaku mencermati Penjelasan pihak PPK Dinas Kesehatan, dan mencerna Informasi yang ada, Pihak Dinas Kesehatan dan ULP bisa Mengevaluasi, Keberadaan PT.Gesiplan dalam Hal Proses Penyusunan Amdal RSUD.Tonrangeng, terlebih Posisi Hendrawan dalam PT.Gesiplan sebagai bahagian Penyusun Amdal Perlu dicermati, mengingat Disiplin Ilmu Hendrawan dibidang ini dinilai tidak berkompeten, apalagi kita ketahui Penyusun Amdal harus melalui Sfeksifikasi Ilmu yang mumpuni di Bidangnya, ujar Anggota DPRD dari Partai Hanura Parepare ini.(Effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here