Disdik Sinjai Ingatkan Sekolah Tak Lakukan MOS

0
76

SINJAI, CNEWS- Menjelang Tahun ajaran baru 2017/2018 yang akan berlangsung Senin (17/072017) seluruh peserta didik mulai tingkat Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat akan kembali melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM).

Adanya Aturan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 18 tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah yang mengatur tentang MOS yang rentan dengan kekerasan, maka Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sinjai menegaskan untuk tingkat SMP/sederajat tahun ajaran baru ini tidak ada lagi kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS).

Tetapi kegiatan tersebut diganti menjadi kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang dilaksanakan oleh guru.

“Jadi tidak ada lagi yang namanya MOS, yang ada pengenalan lingkungan sekolah selama tiga hari, ini lebih pada kegiatan yang humanisme, mengenal satu sama lain, guru, mengenal lingkungan sekolah, mengenal sarana sekolah,” ujar Kadisdik Sinjai, Drs.H. Syamsuddin Umar saat ditemui, Sabtu (15/7/2017).

Kalau ada sekolah yang kedapatan melakukan MOS dengan kekerasan, pihaknya akan ada sanksi yang diberikan.

Namun berkaca tahun lalu, kegiatan MOS di Sinjai terbilang aman. “Selama ini di Sinjai tidak ada tindak kekerasan,” kuncinya. (adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here