Akses Rongkong-Seko Diterpa Longsor, Warga Menanti Pemerintah Bangun Infrastruktur Jalan

0
46

KETERANGAN FOTO : Salah seorang tukang ojek rela menyeberangi sungai denganĀ  arus deras dari Rongkong menuju Seko akibat akses jalan ini terkena longsor. (sir)

 

 

LUWU UTARA, CNEWS — Hujan keras beberapa hari terakhir juga melanda Kabupaten Luwu Utara. Akibatnya, sejumlah ruas jalan nyaris terputus terkena longsor dan banjir.

Salah satu wilayah yang merasakan ini adalah Kecamatan Rongkong dan Seko. Wilayah ini berada di kawasan pegunungan Luwu Utara. Masyarakat tidak bisa berbuat banyak akibat longsor yang terjadi pada poros Jalan Rongkong menuju Seko.

Bagi warga setempat longsor yang terjadi dalam benak mereka tetap harus bisa dilintasi. Betapa tidak, akses ke wilayah ini hanya bisa dilakukan dengan jalur darat karena berada di kawasan pegunungan.

Sebanarnya, tanpa kondisi terjadinya bencana alam yang kadang menutupi akses transportasi warga, wilayah Rongkong menuju Seko memang memiliki medan jalur darat yang hanya bisa dilantasi motor trail. Medan berat dengan kondisi jalan berlumpur menjadi gambaran sepintas kondisi jalan di wilayah ini.

Bagi warga untuk menempuh jalur ini memang tersedia tukang ojek, namun karena jarak tempuh yang begitu jauh antara Rongkong dan Seko, tidak jarang para tukang ojek yang membawa barang atau boncengan harus rela menginap di tengah jalan bila malam tiba dan pagi kembali melanjutkan perjalanan. Itulah yang dialami warga di wilayah ini dalam puluhan terakhir ini yang tak kunjung mendapat perhatian pemerintah dalam membangun infrstruktur jalan di wilayah ini.

Warga berharap, semoga ada keinginan baik pemerintah membangun akses jalan yang bisa dilalui oleh warga agar ekonomi dan pendidikan di wilayah ini juga bisa tertumbuh. (LAPORAN : SAMSIR)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here