Bupati Takalar jadi Tersangka !!!

0
28
MAKASSAR – Bupati Takalar Burhanuddin Baharuddin ditetapkan sebagai tersangka dalam penjualan lahan transmigrasi di Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang, Takalar. Penetepan tersangka ini sebagai tahap pengembangan dari kasus yang sudah masuk persidangan.
“Tersangka dalam kapasitasnya sebagai Bupati telah menyalahgunakan kewenangannya dengan mengeluarkan ijin prinsip,” kata Asisten Tindak Pidana Khusus Tugas Utoto, Kamis 20 Juli 2017.
Bupati Burhanuddin memberikan ijin prinsip kepada PT Karya Insan Cirebon untuk zona industri berat tanggal 15 oktober 2015 di Desa Laikang dan Desa Punaga. Padahal lokasi tersebut sudah ditetapkan sebagai daerah pencadangan transmigrasi berdasarkan surat keputusan Gubernur Sulawesi Selatan. Dengan luas lahan 3.800 hektare. Karena ijin prinsip tersebut, Kepala Desa Laikang Sila Laida dan Sekretaris Desa Risno Siswanto, serta Camat Mangarabombang Muh Noor Uthary menjual tanah kepada PT Karya Insan Cirebon.
Mereka merekayasa seolah-olah tanah yang dijual adalah tanah milik masyarakat. Dengan alas hak tanah garapan atau AJB. Realisasi penjualan 150 hektare dengan harga Rp 18,5 miliar. Demikian dikutip dari salah satu media online. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here