Dinas Ketahanan Pangan Luwu Utara Gelar Workshop Analisis Pola Konsumsi Pangan

0
38
LUWU UTARA, CNEWS —Dinas Ketahanan pangan menggelar Workshop tentang Analisis pola konsumsi pangan berbasis PPH Kegiatan analisis penyusunan pola konsumsi dan suplai pangan, di Aula Hotel Remaja pada Kamis, 20 Juli 2017.
Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu Utara Ir. Armiady, M.Si.
Dalam sambutan serta arahan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir. Armiady mengungkapkan bahwa tujuan workshop tersebut menekan konsumsi pangan bagaimana peran Penyuluh Pertanian menghitung kebutuhan konsumsi dimasing-masing Kecamatan perkapita pertahun. Pungkasnya
Selain itu dinas Ketahanan Pangan melalui BPP badan penyuluh pertanian Kecamatan dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang Pola makan Karbohidrat, protein, mineral atau vitamin yang seimbang. Ujarnya
Masih kata Armiady bahwa Diharapkan bagaimana yang diproduksi oleh masyarakat bisa dikonsumsi secara merata dan mengacu  kepada pola makan sesuai Beragam, Bergizi, Seimbang Dan Aman (B2SA). Katanya
Tidak hanya itu Armiady mengharapkan kepada peserta penyuluh (PPL) dari 12 Kecamatan yakni 36 peserta PPL untuk dapat melakukan workshop di setiap Kecamatan baik kepada sesama PPL yang tidak sempat hadir maupun kepada masyarakat luas dan merupakan tugas utama bahwa PPL harus bisa menghitung konsumsi pangan perkapita pertahun. Tuturnya.
Aisyah (Kepala Bidang Konsumsi Dan Keamanan Pangan) sekaligus panitia pelaksana dalam laporan yang disampaikannya bahwa workshop konsumsi pangan berbasis pola Pangan harapan akan dilaksanakan selama 2 hari.
Dengan materi berikut :
1. Teknik pengambilan dan pengelolaan data konsumsi pangan yang dibawakan oleh Faridah HF, SP, MSi Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Propinsi sebagai narasumber.
2. Metodologi yang digunakan untuk Survey Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) yang dipaparkan oleh Iin Yungsina SST sebagai narasumber Analisis Pola Konsumsi Pangan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kab. Luwu Utara .
3. Hasil analisis Konsumsi Pangan Tahun 2016 oleh Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu Utara (Aisyah).
4. Praktek pengelolaan data pola konsumsi pangan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman pangan dan Holtikultura Propinsi Sulawesi Selatan.
Penyampaian materi akan diakhiri dengan rencana tindak lanjut yang dipandu oleh Tim Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu Utara .
Adapun Susunan Pelaksana workshop yakni Ikbal SP, Andi Pawiseang, SP, Mirawati, AMd
(Laporan Frans)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here