KPUD Parepare Usulkan Rp 21,9 Miliar Untuk Pilwalkot, Naik 300 Persen Dari Anggaran Pilwalkot Lalu

0
3

PAREPARE—-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare pada Agenda Perhelatan Pilkada 2018 akan datang, mengusulkan Dana anggaran Pilkada Rp.21,9 Miliar. Jumlah ini meningkat lebih dari 300% dari anggaran 5 tahun sebelumnya di Pilkada 2013 yang hanya Rp.5 Miliar.

Usulan KPU Kota Parepare ini, tidak serta merta diiyakan pihak Pemerintah Kota. Bustam Tarang. Mewakili TAPD hanya menyetujui Rp.11 Miliar. Itupun berdasarkan Hasil Rasionalisasi dan berkaca Pada Keuangan Pemkot yang terbatas.‎

Dasar Rp.11 Miliar ini, pihak KPU Kota Parepare mengajukan permintaan Anggaran Rp. 21,9 Miliar dan menganggap Rp.11 Miliar itu kurang.

Berdasar dari nila ini, piha KPU Kota Parepare menggelar uji Publik Anggaran Pilkada. Kamis siang tadi. Dan mengundang mereka yang dari Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Selatan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah(Forkumpimda), Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dam Srjumlah Lembaga Swadaya Masyarakat(LSM).

‎Ketua KPU Kota Parepare, Nur Nahdiyah memaparkan angka Rp 21,9 Miliar yang diusulkan merupakan angka substantif dalam melahirkan Pilkada yang berkualitas.

“Ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara Pilkada 2013 dan Pilkada 2018, antaranya Jumlah TPS betambah, jumlah Petugas pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) , honor penyelenggara adhock , honor PPDP, honor tim kerja, alat peraga , relawan demokrasi dan sosialisasi yang lebih dinamis” kilah Nurnahdiyah.

Menurutnya, Anggaran yang paling membuncit adalah anggaran Kampanye yang diestimasikan Rp 4 miliar” kilahnya.‎
Mantan Komisioner KPU Parepare, Amran Hamdani yang turut hadir dalam uji publik berpesan agar KPU berhati-hati dalam mengajukan dan mengelola anggaran.

“Berapapun anggarannya, kedepankan efektifitas dan yang terpenting adalah, meningkatkan partisipasi pemilih, tidak berpengaruh amggaran besar, jika jumlah Pemilih Ganda masih ditemukan, Penambahan Tps tapi kadang ditemukan TPS di gedung gedung sekolah dan fasilitas umum lainnya, ungkap Mantan Ketua KPU ini. (Effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here