Pemda Sinjai Gelar Bimtek Survei Kepuasan Layanan Publik

0
2

SINJAI, CNEWS- Guna meningkatkan kualitas pelayanan Publik sesuai kebutuhan masyarakat. Pemerintah Daerah Sinjai melalui Bagian Organisasi dan Tata Laksana Setdakab Sinjai menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati, Selasa (25/07).

Menurut penanggung jawab kegiatan bimtek H. Anwar mengatakan kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari dan dimana tujuan bimtek ini adalah untuk memberikan pemahaman bagi surveyor pada masing-masing perangkat daerah, sehingga dapat menjadi pedoman dalam pelaksanaan survei kepuasan masyarakat, mulai dari penyiapan bahan, penetapan responden, lokasi dan waktu pengumpulan data, penyusunan jadwal, pengisian kuesioner, pengujian kualitas serta validasi data pelaksanaan.
Sementara Asisten Tata pemerintahan Setdakab Sinjai, A. Halilintar Badong yang membuka bimtek tersebut dalam sambutannya mengatakan bimtek ini sejalan dengan visi pemerintah daerah Sinjai, yaitu terdepankan dalam pelayanan publik.
” bimtek ini sesuai dengan visi pemda, maka dari itu harus ada upaya yg dilakukan mendapat pengakuan dari masyarakat melaui kinerja unit pelayan publik yang dikelola organisasi perangkat daerah “, katanya.
Kemudian dikatakan survei yang akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah ini akan melibatkan 37 surveyor yang bersumber dari unit layanan publik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tentunya akan mengikuti pedoman bimtek sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2014 tentang pedoman survei kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik.
” pedoman pelayanan publik meliputi, persyaratan, prosedur, waktu layanan, biaya invertaris, produk, jenis pelayanan, kompetensi, perilaku pelaksana, maklumat pelayanan dan penanganan pengaduan masyarakat “, tambah Halilintar.
Lebih Lanjut dikatakan bahwa 37 perangkat daerah yang akan melakukan survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik yakni Bagian Hukum dan Ham setdakab Sinjai, Bagian Administrasi pembangunan setdakab Sinjai, sekretariat DPRD Sinjai,  32 OPD, 1 kecamatan sebagai sampel yaitu kecamatan sinjai utara, dan 2 puskesmas diantaranya puskesmas balangnipa Sinjai Utara, dan Puskesmas kampala sinjai timur.
Hadir pada pembukaan bimtek, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Budiaman, serta
Tim pembina pelayanan publik biro organisasi dan tata laksana sekretariat daerah privinsi Sulawesi Selatan (SulSel), para Kepala OPD dan Peserta bimtek. (adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here