Wakil Bupati Luwu Utara, Muh Thahar Rum Tekankan Pentingnya Wawasan Kebangsaan Pada Generasi Muda

0
4

LUWU UTARA, CNEWS — DALAM rangka menumbuh kembangkan jiwa patriotisme dan berjiwa pancasila serta menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan, Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dikalangan pemuda, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui Kesbangpol menggelar Dialog pemuda dan sosialisasi pilar kebangsaan merajut soladiritas antar etnis dan ummat beragama, yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Sabbang, Selasa 25 Juli 2017.

Wakil Bupati Luwu Utara, Muh Thahar Rum dalam sambutannya menyampaikan Pemerintah Daerah menyambut baik dan positif kegiatan sosialisasi pengembangan kebangsaan dan Politik bagi pemuda yang dilaksanakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik “Sebab kegiatan ini merupakan wujud kepedulian kita terhadap perkembangan dan pembinaan generasi muda sebagai tunas bangsa yang nantinya akan menjadi penerus dan bertanggung jawab terhadap masa depan bangsa kita,” tuturnya.

Kegiatan tersebut, sambung Wakil Bupati, untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan generasi muda, terhadap pentingnya memahami empat pilar kebangsaan. Yaitu, Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

“Pilar-pilar kebangsaan inilah yang seharusnya menjadi prinsip dan acuan para pemuda dalam konteks persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya.

Sebagai generasi muda, lanjutnya, para pemuda diharapkan mampu menjalankan peran strategis dalam konteks perubahan sosial di tengah masyarakat serta harus mampu menjadi calon pemimpin bangsa di masa mendatang.

“Para pemuda harus mampu memberikan kontribusi terhadap proses pembangunan, transmisi dan kritik gagasan. Dan, kita berharap para generasi muda sebagai penerus estafet kepemimpinan bangsa mampu memahami dan menerapkan konsep wawasan kebangsaan bagi kemajuan masyarakat bangsa dan negara,” tandas Thahar.

Dari dialog ini, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Luwu Utara berharap meningkatnya pemahaman terhadap wawasan kebangsaan, meningkatnya kesadaran akan cinta tanah air, mantapnya kesadaran berbangsa dan bernegara dan berpolitik. “Kemudian mantapnya keyakinan akan Pancasila sebagai ideologi negara. Rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara”.

Hadir pada kegiatan Dialog pemuda dan sosialisasi pilar kebangsaan merajut soladiritas antar etnis dan ummat beraagama Kasat Binmas Polres Luwu Utara, Andi Wake, para kepala desa se kecamatan Sabbang.

Sementara itu, Kasat Binmas Polres Luwu Utara, Wake menghimbau masyarakat untuk selalu menjaga kantibmas, dan bangun komunikasi serta koordinasi agar terbina lingkungan yang aman dan nyaman. “Khusus kepada tujuh warga Dandang, Desa Dandang, Kecamatan Sabbang yang melarikan diri agar segera menyerahkan diri,” tandasnya. (LAPORAN : SAMSIR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here