Limbah PT Jas Mulia Cemari Sungai, Pertanian Warga Mulai Terganggu, Hingga Janji Manis Bakal Kelola Limbah Sendiri isapan Jempol Belaka !!!

0
19
KETERANGAN GAMBAR : Hasil limbah yang dibuang ke suangi oleh PT Jas Mulia membuat habit ikan banyak yang mati dan warga tidak bisa lagi mengandalkan sumber air sungai untuk pertanian karena pencemaran. (*)
LUWU UTARA, CNEWS —- Limbah milik pabrik kelapa sawit PT Jas Mulia yang berada di Desa Minanga Tallu, Kecamatan Sukamaju, Kabupaten Luwu Utara mencemari Sungai Posa’a Desa Minanga Tallu.  Warga protes perusahaan sawit ini janji untuk mengelola limbah mereka hanya pemanis mulut saja.
Dari pantauan media pada, Jumat (11/08/2017), limbah dari Pabrik PT Jas Mulia yang masuk ke sungai sudah mencemari aliran Sungai Posa’a dan membuat warga resah.
Akibat dari pencemaran limbah pabrik tersebut, membuat habitat ikan di sungai tidak sedikit yang mati dan menyebabkan petani di desa tersebut batal turun sawah.
Salah seorang warga Desa Minanga Tallu Idrus mengungkapkan, akibat tercemarnya Sungai Posa’a oleh limbah pabrik PT Jas Mulia membuat aktivitas pertanian masyarakat terganggu. Bahkan menurutnya kegiatan turun sawah secara bersama sama yang selalu digelar pada musim tanam. Terancam batal dan tidak dilaksanakan.
“Air ini sudah tidak bisa lagi digunakan untuk mengairi sawah  karena airnya sudah bercampur dengan minyak dan lumpur” kata idrus.
Disamping itu idrus juga menyayangkan sikap PT Jas Mulia yang tidak konsisten dan tidak tanggap dalam menangani permasalahan limbah.  “Dulu janjinya limbah akan dikelolah, tapi sampai saat ini janji tersebut tidak jelas” katanya. (LAPORAN : FRANS DARI LUWU UTARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here