Lapor Bupati, Hanya Miliki Dua Ruangan Pelayanan Medis, Puskesmas Kecamatan Rongkong Dikeluhkan, Warga Berharap Bupati Kunjungan ke Rongkong

0
3

LUWU UTARA, CNEWS — Alokasi anggaran kesehatan oleh pemerintah pusat hingga daerah cukup fantastis dibanding sektor lainnya. Namun bagaimana jadinya, bila masih terdapat sebuah puskesmas yang kondisinya butuh perhatian. Setidaknya puskesmas ini bisa ditemukan di Kecamatan Rongkong, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Alih-alih warga Rongkong bisa mendapatkan layanan kesehatan dengan baik, kondisi puskesmas di wilayah ini dikeluhkan. Warga berharap bupati bisa hadir lebih dekat bersama masyarakat agar bisa merasakan dan melihat bagaimana kondisi layanan kesehatan di Kecamatan Rongkong.

Komitmen bupati Luwu Utara menggenjot sektor kesehatan harus merata. Tidak boleh ada sekat antara warga yang bermukim di daerah terpencil dengan mereka yang tinggal di kota kabupaten. Kondisi ini pula warga menggugah hati bupati agar bisa melakukan kunjungan ke Rongkong untuk melihat secara langsung bagaimana kondisi pelayanan kesehatan dan pemerintahan di tingkat bawah.

Kondisi puskesmas yang hanya memiliki dua ruangan untuk layanan kesehatan berdampak dirasakan oleh warga ketika akan berobat. Tidak jarang warga yang akan mendapatkan perawatan bukannya di rawat secara medis di dalam ruangan pelayanan puskesmas, justru di rawat di teras puskesmas.

Lagi-lagi bupati harus hadir dan ‘membuka mata’. Bukan tidak mungkin amanat masyarakat mendambakan seorang kepala daerah yang merakyat dan memiliki kepekaan membuat Bupati Luwu Utara mulai diuji oleh masyarakat, apakah tersentuh dengan kondisi puskesmas dan mau hadir di tengah masyarakat yang kurang mendapatkan layanan kesehatan dengan baik. Warga menantikan itu.

Sementara itu, wakil rakyat Dapil Rongkong, Akib Mursalim mengungkapkan tidak kuat menahan rasa haru dan prihatin dengan kondisi puskesmas di Rongkong. “Saya benar-benar tidak kuat melihat kondisi puskesmas yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat justru sangat memprihatinkan karena ruang layanan pasien hanya dua,” ujarnya saat melakukan reses di Kecamatan Rongkong pada 23 Agustus 2017.

Akib berharap, kondisi puskesmas yang hanya memiliki dua ruang layanan perawatan kesehatan tersebut sebaiknya pemerintah daerah tidak tinggal diam dan memberi perhatian agar warga di Rongkong bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik. (LAPORAN : SAMSIR DARI LUWU UTARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here