Pasangan Kakek dan Nenek Tua Renta, Puluhan Tahun Hidup Menderita, tak Kunjungan Dapat Bantuan Pemda Sinjai

0
115
SINJAI, CNEWS — Di Dusun Sompong, Desa Pattongko, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai, Mading (71) adalah salah satu warga yang sudah tua renta saat ini hidup berdua dengan istrinya yang juga sudah tua dan sakit-sakitan di gubuknya yang sudah tak layak huni.
Ia juga sudah kurang lebih sepuluh tahun sakit (Lumpuh), pasalnya bokong dan punggungnya sudah luka-luka karena hanya mampu berbaring terus serta tidak pernah mendapat perawatan atau pun bantuan dari pemerintah setempat, Mading (71) Kini Bisa Pasrah, Dengan Kondisi Yang Sangat Memperihatinkan,
Bukan hanya itu, ia pun tak mendapatkan PBI BPJS baik daerah maupun nasional. Itulah sehingga ia hanya terbaring pasrah, sebab tak punya uang untuk berobat. Sementara pihak kesehatan juga tak pernah mengunjunginya, sebagaimana pantauan awak media, pada Sabtu (27/08/2017).
Sehubungan dengan itu, Irma anak perempuan Minang istri Mading mengaku kalau ayahnya sudah puluhan tahun terbaring sakit.
“Mulai Tahun 2006 sampai sekarang ia sakit pak, namun semasa hidupnya tidak pernah dapat bantuan BPJS atau KIS dari pihak Pemerintah Sehingga kami jarang membawanya berobat ke rumah sakit, karena biaya pengobatan sangat mahal. Itupun harus menaggung biaya sendiri jadi selama ini kami hanya mengandalkan pengobatan tradisional, tapi saya liat belum ada perubahan” Ratap Irma dengan nada sedih.
Irma berharap agar kiranya Pemerintah untuk membuka mata melihat Masyarakat pelosok yang tidak mampu dalam segi ekonomi seperti yang mereka alami.
“Dan kami mohon bantuan dari pemerintah agar kiranya melihat masyarakat yang tinggal di pelosok pedesaan, dan melihat kehidupan masyarakat secara langsung, untuk melihat yang tidak berkemampuan dalam segi ekonomi, bila ada pendataan. Kami sudah dua kali didata oleh pihak pemerintah setempat tapi tidak pernah keluar keluar BPJSny sampai sekarang, itulah sehingga saya merasa kecewa”Terangnya.
Kepala Desa Pattongko saat dikonfirmasi mengaku kalau memang ada warganya yang sudah tua dan kurang mampu, namun tidak pernah melapor.
“Ya pak memang ada warga saya, bernama Mading. Tapi saya tidak tahu kalau ia sakit, karena tidak pernah juga datang di Kantor melapor, tidak pernah juga mengurus keterangan tidak mampu” Kata Kades Pattongko, Abdullah Lesdi, S.Ag saat dikonfirmasi via telepon.
Terpisah, Tenaga Kesejahteraan Sosial (TKSK) Kecamatan Sinjai Tengah Tri Silawati. S, saat dihubungi via WA bahwa harus ada keseriusan dari pemerintah terkait.
“Saya mengharapkan perhatian dan tindakan sigap penuh buat pemerintah serta aparatnya dan instansi yang terkait dalam hal ini Kades, Tenaga Kesehatan, DPRD dan Pemkab yang menangani bidang ini” Katanya.
Tri Silawati juga berharap, semoga tidak ada lagi masyarakat yang mengalami kekecewaan dan tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah, khususnya masyarakat miskin, jangan karena mereka miskin sehingga diterlantarkan. (mat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here