Dinas Tanaman Pangan Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian Luwu Utara

0
1

LUWU UTARA, CNEWS — Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu Utara menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) dalam rangka peningkatan kapasitas tenaga penyuluh pertanian dan perkebunan. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Remaja Masamba pada, Senin 28 Agustus 2017.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Luwu Utara Ir Armiadi mengungkapkan, keberhasilan pembangunan pertanian tidak terlepas dari upaya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi pelaku pembangunan. Salah satu bentuk pengembangan SDM adalah melalui penyelenggaraan penyuluhan kepada pelaku pembangunan yaitu para petani.

Para pelaku penyuluhan yaitu para penyuluh, perlu juga dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan yang memadai sehingga keberhasilan pembangunan pertanian dan perkebunan dapat dicapai dengan baik.

Menurut Armiadi, pentingnya penyuluhan dalam menunjang keberhasilan pembangunan pertanian dan perkebunan sehingga kebijakan penganggaran penyuluhan terus mengalami peningkatan dan memperluas pelayanan penyuluhan, dan tahun ini telah dianggarkan biaya untuk menunjang operasional kegiatan penyuluhan untuk kegiatan tertentu, disamping operasional penyuluh yang telah ada sebelumnya melalui BOP.

Tugas penyuluh memang tidak mudah, namun dengan kerja keras semua pihak terutama jajaran penyuluhan dan dengan menerapkan teknologi anjuran yang telah tersedia, maka angka produktivitas tersebut bisa capai.

Dalam kebijakan pemerintah daerah Luwu Utara, menyadari pentingnya peran penyuluh untuk mencapai swasembada. Oleh karena itu pengawalan dan pendampingan dari penyuluh sangat penting dalam mencapai target.

“Saya sangat berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik oleh kita semua. Para instruktur/narasumber kiranya dapat menyajikan metode dan informasi yang tepat yang dapat diimplementasikan dengan mudah oleh para peserta. Para peserta saya juga harapkan, dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh sehingga dapat digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas dilapangan,” ujarnya.

Sementara itu, Sekda Luwu Utara yang membuka kegiatan ini mengatakam, kegiatan bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme penyuluh pertanian/perkebunan sebagai jawaban terhadap eksistensi dan kinerja penyuluh di lapangan, dan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan penyuluh pertanian/perkebunan.

Kegiatan ini turut pula dihadiri Kadis Perikanan Luwu Utara dan semua seluruh kabupaten luwu utara, beserta anggota dewan dari komisi satu H. Paredenga Dapil tiga. (LAPORAN : SAMSIR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here