HEBOH, Tasbih Raksasa Diduga Peninggalan Karaeng Loe Tiba-tiba Muncul di Kelurahan Bira Tamalanrea Makassar

0
1
MAKASSAR – Perkara luar biasa atau mukjizat tiba-tiba terjadi di Kelurahab Bira, Kecamatan Tamalanrea, Makassar, Selasa 29 Agustus 2017. Sebuah tasbih raksasa tiba-tiba muncul.
Menurut pengakuan warga dan keluarga raja, tasbih tersebut adalah peninggalan Karaeng Loe yang bersejarah. Kelurahan Bira menjadi tempat bersejarah karena di daerah ini terdapat makam Raja Bira Karaeng Loe Ri Bira.
Daerah ini juga dianggap sebagai tempat pertama kapal Phinisi dibuat. “Ini mukjizat, karena kami dengar rencananya Bapak Wali Kota atau Ibu Wali Kota ingin datang tetiba juga muncul ini tasbih. Ini bukan rekayasa,” kata salah seorang keluarga raja, sembari meperlihatkan tasbih raksasa tersebut kepada Indira Jusuf Ismail, Ketua TP PKK Kota Makassar.
Indira hadir di Kelurahan Bira dalam rangkaian acara memperingati ulang tahun Indonesia yang ke-72 tahun. Indira diperlihatkan tasbih raksasa karena menggambarkan perjuangan masyarakat Bira saat menyebar Islam dan melawan penjajah Belanda.
“Saya bangga karena berkesempatan melihat langsung peninggalan masyarakat Bira,” ungkapnya. Warga sangat antusias menyambut kedatangan rombongan Ketua PKK Kota Makassar ini.
Hal itu terlihat dari penyambutan Tari Paraga dan Angngarru sebagi lambang adat kesopanan saat menerima tamu terhormat. Dalam rangkaian acara ulang tahun Republik Indonesia (RI) yang ke 72 tahun, Kerajaan Loe Ri Bira memberi gelar bangsawan kepada Ketua PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail.
“Saya terus terang sangat tidak enak hati dengan adanya pemberian gelar. Ini suatu penghormatan yang membuat saya terharu. Terima kasih banyak,” ucap Indira.
Gelar yang diberikan dari keturunan Kerajaan Loe Ri Bira adalah Daeng Singara yang berarti bercahaya. “Gelar ini cocok. Semoga gelar ini membawa kebaikan seperti artinya,” ucap keluarga kerajaan Loe Ri Bira.
Indira menghaturkan rasa terima kasih yang mendalam kepada pihak kerajaan dan seluruh lapisan masyarakat Bira. Tak lupa pula ia menyampaikan salam dari pak Wali Kota yang tak sempat hadir karena berada di luar kota. Indira juga menyempatkan memohon doa dari masyarakat dan berterima kasih karena telah mendukung semua program pemerintahan Kota Makassar yang menurutnya sangat bermanfaat bagi seluruh warga tak terkecuali warga Bira ini. “Terima kasih mohon doa ta,” pungkasnya dikutip dari salah satu media online. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here