RDP Antara DPRD dan PT TIP Berlangsung Tegang dan Memanas

0
32
Rapat dengar pendapat (RDP) antara DPRD Mamuju Utara (Matra), Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) dengan PT. Toscano Indah Pratama (PT TIP) dan Sejumlah Warga yang tergabung dalam Aliansi Peduli Lingkungan di ruangan RDP Kanror DPRD Kabupaten Matra, Rabu (6/9/2017), ini terlibat ketegangan dengan Dinas Lingkungan Hidup dan PT TIP.
Ketegangan terjadi di saat RDP, dipicu dari penyataan pihak PT TIP bahwa tuntutan warga tersebut tak mendasar. Dengan tegas juga, pihak perusahan menolak tuntutan warga agar perusahaan yang limbahnya saat ini duanggap meresahkan warga ditutup untuk sementara waktu.
Beruntung, ke dua pihak yang terlibat ketegangan ini dapat menahan diri sehingga tidak terjadi adu jotos. Namun warga yang tersulut emosi kembali bersitegang dengan pihak lingkungan hidup, saat warga meminta kelengkapan administrasi diperlihatkan dalam RDP, namun tak diindahkan oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup.
Perwakilan Aliansi Peduli Lingkungan, Wahab saat diwanwancarai usai RDP kepada wartawan mengatakan, ada beberapa point tuntutan warga salah satunya meminta agar Pabrik PT TIP untuk sementara berhenti beroperasi sebelum kelengkapan Administrasinya lengkap.
“Kami hanya meminta agar pihak Perusahaan menjalankan apa yang sudah menjadi aturan dan tuntutan Masyarakat, salah satu diantaranya adalah perbaikan jalan dan mengurangi bau limbah yang ditimbulkan serta melengkapi persyaratan administrasi, dan sebelum semua itu terpenuhi, kami minta agar Pabrik Perusahaan berhenti produksi untuk sementara waktu” tegasnya.
Sementara itu, salah satu tim ahli dari PT TIP saat RDP sedang berlangsung mengatakan berdasarkan hasil lab PT TIP bahwa untuk mengantisipasi bau Limbah perusahaan, dirinya menargetkan satu bulan sudah dapat teratasi.
Ditemui terpisah, Direktur PT TIP Wahida Laomo saat komferensi pers mengatakan bahwa pertemuan di RDP hanya sekedar mencari solusi.
“Apa yang disampaikan oleh warga saat ini sudah kami lakukan dan sementara dalam proses. Sementara untuk perijinan, kami sudah mengurus dan melengkapi semuanya,” jelas Wahida.
Sekedar diketahui, dalam RDP tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Matra H Lukman Said dan didampingi oleh Ketua Komisi 3 DPRD Matra Yani Pepi dan beberapa Anggota DPRD Matra lainnya yaitu Mirwan, H Nur Latif, Ridwan Ali dan H Ambo Intang.   (Laporan : Edison S)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here