Pansus Angket DPR Dukung Pelindo IV Percepat Pembangunan Makassar New Port

0
6

Tim Panitia Khusus Angket DPR RI sangat mendukung pengembangan yang dilakukan PT Pelindo IV (Persero), khususnya pembangunan Makassar New Port (MNP).

Ketua Panitia Khusus Angket DPR RI, Rieke Diah Pitaloka mengatakan pembangunan MNP merupakan salah satu upaya agar Pelindo IV bisa sama dan sebanding dengan Pelindo II di Jakarta.

“Saya juga berharap agar Pelindo IV fokus mengembangkan wilayah timur Indonesia, sehingga Kawasan Timur Indonesia (KTI) bisa sejajar dengan kawasan barat dan tak ada lagi sekat antara barat dan timur,” kata pemeran Oneng di serial Bajaj Bajuri ini saat melakukan kunjungan lapangan ke Terminal Petikemas Makassar (TPM) dan Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar, dilanjutkan dengan kunjungan ke Kantor Pusat Pelindo IV Makassar, Selasa (19/9/2017).

 Terpisah, Direktur Utama Pelindo IV, Doso Agung mengungkapkan saat ini pihaknya terus mengebut pembangunan mega proyek MNP, yang juga menjadi salah satu proyek strategis nasional yang ditarget harus beroperasi pada awal 2019 mendatang.

“Secara kumulatif, hingga 15 September 2017, progress pembangunan MNP Tahap I Paket A, B dan C sudah mencapai 40,51%. Kami [Pelindo IV] terus mengupayakan pembangunan MNP agar bisa rampung pada akhir 2018, sehingga awal 2019 sudah bisa difungsikan,” jelas Doso Agung.

Menurutnya, hingga kini pembangunan MNP masih terus berjalan. Itu berarti, setiap saat progress pembangunan fisiknya juga terus mengalami peningkatan.

Secara keseluruhan, pembangunan MNP untuk Tahap I menelan total investasi sebesar Rp1,8 triliun.

Pembangunan mega proyek untuk Tahap I sengaja dilakukan secara paket [A, B dan C], agar proses pengerjaan dapat dilakukan serentak, sehingga penyelesaiannya bisa sesuai target yang telah direncanakan.

Adapun, pengerjaan proyek MNP Paket A terdiri dari pembangunan akses jalan, dermaga dan lapangan penumpukan petikemas yang akan memiliki kapasitas terpasang mencapai 1,5 juta TEUs untuk Tahap I.

Adapun kegiatan untuk Paket B meliputi reklamasi seluas kurang lebih 13 hektare, causeway kurang lebih 1.276 meter, lapangan peti kemas sekitar lebih 16 hektare dan pengerukan kolam pelabuhan minimal draft -16,0 mLWS. Sedangkan kegiatan untuk Paket C berupa pembangunan breakwater sepanjang 1.310 meter.

Diproyeksi, pengerjaan Paket A menyerap anggaran sebesar Rp326 miliar, Paket B Rp1,06 triliun dan untuk Paket C mencapai Rp228 miliar.

Sementara itu, saat melakukan kunjungan lapangan, rombongan Pansus Angket DPR RI didampingi Direktur SDM dan Umum Pelindo IV, Riman S. Duyo, GM Pelindo IV Cabang TPM, Yosef Benny Rohy, GM Pelindo IV Cabang Makassar, Aris Tunru dan sejumlah pejabat struktural Pelindo IV lainnya. (ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here