Lakpesdam NU Sinjai Bakal Latih Peternak

0
43

SINJAI, – Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan berencana menggelar kegiatan pelatihan peningkatan sumber daya manusia untuk peternak di Sinjai.

Kegiatan tersebut rencana dilangsungkan di Desa Massaile, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai, Kamis (27/9/2017).

Ada sekitar 100 orang peternak akan dilatih menjadi peternak yang mampu bersaing di tingkat nasional nantinya. Menurut Sekretaris Lakpesdam NU Sinjai Muh salih Mustang bahwa cara beternak warga Sinjai pada umumnya masih tradisional cara beternaknya.

” Nah, kita mau peternak kita kedepan memiliki pengetahuan pengembangan sapi di Sinjai agar ternak mereka bisa memiliki kualitas dan bersaing dengan peternak se nasional nantinya,” kata Muh Salih Selasa (26/9/2019).

Pada kegiatan pelatihan peternak nantinya oleh Lakpesdam NU Sinjai akan menghadirkan dokter hewan seperti Mappamancu sebagai Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat dan Veteriner DPKH Sinjai dan Rosdiana sebagai Kepala Seksi Non Ruminansia DPKH Sinjai.

Ditambahkan oleh Direktur Lakpesdam NU Sinjai Irwan Suaib bahwa Sinjai salah satu daerah di Sulsel yang memiliki potensi besar pengembangan sapi.

” Di Sinjai kita memiliki potensi pengembangan sapi dan setiap tahunnya peternak kita mengirim sapi ke Pulau Kalimantan, Gorontalo dan kota Makassar sendiri,” kata Irwan.

Di Kabupaten Sinjai saat ini memiliki populasi 110 ribu ekor sapi di Sinjai yang terdapat di delapan kecamatan di Sinjai. Dalam kegiatan tersebut peternak akan dilatih bagaimana peternak kedepan mampu mengembangkan ternak sapinya dengan harga jual tinggi. ( LAPORAN : ANDI RAHMAT KEPALA BIRO KABUPATEN SINJAI )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here