Pelabuhan Paotere Diharap Jadi Contoh Dunia Maritim

0
1

MAKASSAR —- Kesyahbandaran Utama Makassar berharap Pelabuhan Paotere bisa menjadi percontohan bagi dunia maritim, khususnya di Indonesia, terutama dari segi kebersihan, ketertiban, kerapian dan kenyamanannya.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar, Victor Vikki Subroto di sela-sela kegiatan Senam Bersama dan Bersih Pantai dalam rangka memperingati Hari Maritim Nasional dan Hari Maritim Sedunia Tahun 2017 di Pelabuhan Paotere Makassar, Jumat (29/9/2017).

Menurutnya, sesuai motto kegiatan tahun ini, yaitu Konektivitas Antara Kapal, Pelabuhan dan Masyarakat seperti yang sudah disebutkan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, saat ini seluruh instansi maritim yang ada di Makassar akan memberikan contoh kepada masyarakat bagaimana mencintai laut.

“Bagaimana supaya pelabuhan itu menjadi sorotan bagi mereka yang menggunakannnya, kelihatan bersih, aman, nyaman, tertib, sehingga akan menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi masyarakat, khususnya di Makassar,” kata Victor.

 Artinya lanjut dia, pihaknya bersama instansi maritim lainnya, seperti PT Pelindo IV (Persero), Lantamal VI Makassar, Distrik Navigasi Kelas I Makassar, Polres Pelabuhan, Kantor Pelayanan Bea Cukai Pelabuhan Makassar, Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar, Balai Besar Karantina Pertanian dan seluruh stakeholder lainnya di Pelabuhan Makassar akan selalu memberikan motivasi kepada masyarakat dan para pemilik kapal galangan yang ada di Pelabuhan Paotere.

“Supaya mereka juga bisa melihat kegiatan [bersih pantai] yang kita lakukan hari ini, agar masyarakat dan pemilik kapal juga bisa ikut mencintai laut. Kemudian, tadi juga ada kapal patroli yang ikut membersihkan pantai, memperlihatkan bahwa petugas yang ada di atas kapal patroli itu juga menggunakan life jacket, artinya mereka sudah memberikan contoh keselamatan berlayar kepada masyarakat di Pelabuhan Paotere.”

Secara umum lanjut Victor, saat ini pihaknya melihat bahwa Pelabuhan Paotere sudah bagus. “Hanya tinggal ditingkatkan lagi kebersihannya. Karena tadi saya melihat ada turis asing yang masuk di dalam Pelabuhan Paotere,” ujarnya.

Dia berharap, kedepan Pelabuhan Paotere akan menjadi pelabuhan yang bisa dikunjungi oleh wisatawan dan aman bagi penggunanya dan masyarakat sekitar. Di mana, kondisi di pelabuhan juga harus tertib, rapi, nyaman dan bisa menjadi percontohan bagi dunia maritim, khususnya di Indonesia.

Pihaknya juga berharap, kegiatan Bersih Pantai yang tahun ini mengambil tema “Mari Kita Tingkatkan Kerja Sama di Bidang Maritim Guna Mewujudkan Konektivitas Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia”, tidak hanya dilakukan di Hari Maritim Nasional dan Hari Maritim Dunia saja. “Kalau bisa, Bersih Pantai ini bisa menjadi suatu kegiatan yang tersistem, mungkin sebulan 2 kali kita harus membersihkan pantai dengan mengajak seluruh instansi maritim untuk saling bekerjasama membersihkan sampah di Pelabuhan Paotere ini,” ungkapnya.

General Manager Pelindo IV Cabang Makassar, Aris Tunru menambahkan bahwa saat ini Pelabuhan Paotere telah memiliki jalan beton di sepanjang jalur di dalamnya. “Jalan beton sepanjang 679 meter dengan lebar 14,98 meter ini kami bangun menggunakan anggaran investasi sekitar Rp5 miliar, sehingga kini tidak ada lagi jalanan yang becek dan berlubang terutama  jika musim hujan tiba di Pelabuhan Paotere,” kata Aris. (ist)

 

Dia berharap, kegiatan Bersih Pantai seperti yang dilakukan hari ini [Jumat], dapat membantu pihak pelabuhan untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan di Pelabuhan Paotere. Apalagi lanjut Aris, pelabuhan rakyat ini sering sekali dikunjungi oleh turis asing, apalagi jika ada kapal pesiar yang sandar seperti pada Minggu (24/9).

 

Pihak lain maupun unsur masyarakat utamanya yang tinggal dekat laut menurutnya, juga perlu diajak untuk bersama menjaga kebersihan laut di sekitar mereka karena laut adalah kehidupan mereka dan masa depan bersama semua orang.

 

“Apalagi, Pelindo IV sudah menyiapkan master plan Pelabuhan Paotere, untuk tetap menjadi pelabuhan rakyat dan terintegrasi dengan area pariwisata.”

 

Adapun, peringatan Hari Maritim Nasional dan Hari Maritim Sedunia Tahun 2017 yang disemarakkan dengan kegiatan Senam Bersama dan Bersih Pantai di Pelabuhan Paotere Makassar ini selain dihadiri Kepala Otoritas Pelabuhan Makassar, Rahmatullah dan Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar, Victor Vikki Subroto, juga dihadiri pejabat dan karyawan PT Pelindo IV (Persero), serta pejabat instansi Kemaritiman lainnya yakni Lantamal VI Makassar, Distrik Navigasi Kelas I Makassar, Polres Pelabuhan, Kantor Pelayanan Bea Cukai Pelabuhan Makassar, Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar, Balai Besar Karantina Pertanian, Kelurahan Gusung dan stakeholder lainnya di Pelabuhan Makassar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here