Isabi, Janda Tua, Tuli dan Rabun, Huni Rumah Reok, Potret Program Peduli Pemkot Parepare Dipertanyakan

0
79

PAREPARE —- Baginya kerlap kerlip lampu Kota dan warna warni corak Bangunan kota, dan berbagai tagline Pemerintah atas programnya, terdengar hambar dan bagaikan angin lewat, Wanita tua Isabi (65), adalah seorang Janda Tua, Tuli dan Penglihatannya mulai rabun, Isabi adalah salah seorang warga di Kelurahan Lemoe Kecamaran Bacukiki Kota Parepare mesti bersabar tinggal di rumahnya yang sudah lapuk dan reok termakan usia.

Pengakuannya, Isabi, sudah puluhan tahun tinggal di rumah yang sudah tidak layak huni, meski demikian Ia tak kunjung mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kota yang memdegungka Peduli dimana mana dan memprogramkan Dzikir disetiap penjuru kota setiap pekannya.

Kondisi Isabi, kini sangat memprihatinkan, potret kemiskinan ini semakin memperjelas jurang pemisah antara sikaya dan simiskin. Kondisi itu diperparah karena janda tua ini juga sudah mulai rabun dan tuli.

Selain kondisi rumah yang sudah pada lapuk, atap rumah Isabi juga bocor dan berkarat. Bahkan dapur rumahnya sempat runtuh beberapa waktu lalu.

“Dapur saya runtuh saat saya sedang masak. Kepala saya robek. Untungnya tidak ada api yang bisa membakar rumah” tutur Isabi lirih.

Isabi sebenarnya istri purnawirawan TNI. Gaji pensiun almarhum suaminya ia terima Rp 500 ribu per bulan. Namun tingginya biaya hidup, membuat uang pensiunan itu tak cukup. Apalagi, Isabi ternyata bukan penerima raskin karena berstatus istri purnawirawan.

“Uang senilai itu kini, tidak cukup untuk hidup saat ini, Apalagi saya sudah tidak bisa kerja,” kata Isabi.

Isabi kini hanya berharap ada yang Peduli didaerahnya, khususnya Pemerintah Daerah untuk membantu memperbaiki rumahnya.

Kepala Kelurahan Lemoe. Mallawa, mengaku tidak bisa berbuat banyak. Terbatasnya ketersediaan anggaran lagi-lagi menjadi alasan klasik pihak Pemerintah setempat. Apalagi runtuhnya rumah Isabi bukan karena bencana alam. “Kalau bencana alam bisa saja ada anggarannya, Tapi ini kan bukan,” kilah Mallawa.

Soal raskin, dia membenarkan bahwa Isabi tidak termasuk penerima raskin. Sementara itu Camat Bacukiki Iskandar Nusu saat dihubungi, mengaku telah memerintahkan Lurah untuk mengecek kembali kondisi Isabi. (Effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here