In-House Training SMP Negeri 1 Mappedeceng, Luwu Utara Guna Menunjang Penguasaan Teknologi Informasi Bagi Guru

0
98

LUWU UTARA, CNEWS — Mutu pendidikan tidak boleh disepelekan. Karena itu, berbagai komponen perlu dipersiapkan, termasuk penguasaan terkologi informasi bagi tenaga pengajar di sekolah. Menyadari pentingnya hal tersebut SMP Negeri 1 Mappedeceng, Luwu Utara menggelar kegiatan in-house training berbasis online guna mendukung kegaiatan belajar di kelas agar siswa tidak ketinggalan terhadap perkembangan teknologi.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Mappedeceng, Supriadi SPdi, Msi kepada Celebesnews pada, Selasa (7/11/2017) mengungkapkan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), baik sebagai substansi materi ajar maupun piranti penyelenggaraan pembelajaran, terus berkembang. Dinamika ini menuntut Guru dan Kepala Sekolah selalu meningkatkan dan menyesuaikan kompetensinya. agar mampu mengembangkan dan menyajikan materi pelajaran yang aktual menggunakan berbagai pendekatan, metoda, dan teknologi pembelajaran terkini.

Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kini menjadi bagian dari tuntutan kompetensi guru, baik guna mendukung pelaksanaan tugasnya maupun sebagai sarana untuk mencari dan mengunduh sumber-sumber belajar. Sehingga setiap guru pada semua jenjang harus siap untuk terus belajar TIK guna memenuhi tuntutan kompetensi tersebut. Sesuai dengan bunyi pasal 20 ayat b UU Nomor 14 Tahun 2005, di jelaskan bahwa: mengamanatkan dalam rangka melaksanakan keprofesionalannya guru berkewajiban meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensinya secara berkelanjutan sejalan dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Dikatakan Supriadi, kompetensi guru tidak akan meningkat dengan sendirinya tetapi tentu ada upaya untuk meningkatkannya. Salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi guru yaitu melalui pelatihan. Dalam hal ini, menyelenggarakan pelatihan peningkatan kompetensi penguasaan TIK bagi tenaga pengajar seperti yang dilaksanakan oleh SMP Negeri 1 Mappedeceng, Luwu Utara ini.

Pelaksanaan pelatihan bertempat di ruangan laboratorium komputer sekolah SMP Negeri 1 Mappedeceng Peserta yang mengikuti pelatihan ini berjumlah 35 PNS dan non PNS, yang terdiri dari guru dan dan tenaga pengajar lainnya. Materi yang di sampaikan dalam pelatihan ini meliputi pemanfaatan internet secara produktif, penggunaan Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point untuk menunjang kinerja Guru.

“Diharapkan para guru di SMP Negeri 1 Mappedeceng bisa meningkat kompetensinya dalam penguasaan TIK sehingga mereka mampu menciptakan pembelajaran menjadi lebih kreatif, berkembang sesuai kebutuhan dan kemajuan zaman modern,” harap Supriadi. ( LAPORAN : SAMSIR DARI LUWU UTARA )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here