Dari Gerakan ‘Save DAS Rongkong 2017’ Bupati Luwu Utara, Indah Putri Ajak Masyarakat Gotong Royong Jaga Kelestarian Hutan

2
58

LUWU UTARA, CNEWS —- Eksistensi kawasan hutan sangat penting sebagai penyangga kehidupan untuk dilindungi, dikonservasi, direboisasi dan rehabilitasi agar bisa dimanfaatkan generasi yang akan datang. Ekosistem hutan yang baik dari hasil gerakan penanaman pohon akan berperan sebagai pengatur tata air yang menjamin kualitas, kuantitas dan kontinyuitas aliran sungai sebagai sumber air untuk lahan pertanian atau air minum bagi masyarakat.

Terkait hal itu, Bupati Luwu Utara, Indah Putri saat kegiatan ‘Gerakan Luwu Utara Menanam Pohon Save DAS Rongkong 2017’ mengajak semua pihak, agar turut mewujudkan hutan lestari dan pengelolaan hutan untuk mewujudkan masyarakat sejahtera dengan semangat gotong-royong.

Bupati Indah Putri juga menyampaikan, Gerakan Luwu Utara Menanam Pohon memilih lokasi di Desa Tulak Tallu, Kecamatan Sabbang karena sebagai lokasi yang sangat strategis. Juga sebagai upaya mengingatkan kembali akan pentingnya rehabilitasi hutan dan lahan kritis, sekaligus gerakan ini untuk mendukung keberadaan Sungai Rongkong tetap dapat terpelihara dengan baik.

“Pohon dan Hutan Rakyat Untuk Kehidupan, Kesejahteraan dan Sunber Devisa Negara, “ Pemerintah Kabupaten Luwu Utara berkomitmen mensukseskan gerakan ini sebagai bagian dari upaya rehabilitrasi hutan dan lahan,” ujarnya.

Ditambahkan, Indah Putri, dengan semangat gotong royong tersebut, maka gerakan penanaman pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan dapat dilakukan. Karena jika bukan kita masyarakatnya yang menjaga keutuhan hutan, siapa lagi.

Hadir pula para kegiatan ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Luwu Utara, Drs Misbah turut mengajak masyarakat untuk selalu peduli pada kelestarian alam dan menjaga hutan demi kelangsungan hidup mendatang.

( LAPORAN : SAMSIR )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here