LSM Desak Polisi Usut Pekerjaan Lampu Jalan di Soppeng

0
53

SOPPENG — Dugaan adanya penyimpangan proyek lampu jalan yang terletak di Jalan Kemakmuran Watansoppeng terus berkembang di kalangan masyarakat. Perlu diketahui pekerjaan lampu jalan tersebut seakan-akan disembunyikan dari publik untuk kepentingan segelintir orang. Kuat dugaan proyek yang bernilai Rp449 juta lebih tersebut seakan sudah ditentukan pemenangnya serta material sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya.

LPSE juga sudah mengumumkan pemenang tender lampu jalan Kemakmuran pada tanggal 7-8 November 2017 yang dimenangkan oleh CV Karmindah Mitra Bersama dengan nilai Rp449.344.500.

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pelita Keadilan Alam Abra mengatakan proyek lampu jalan yang anggarannya menggunkan APBDP Kabupaten Soppeng patut kita curigai dan diduga di dalamnya ada kongkalikong. Pasalnya pernyataan Kadis Perhubungan di beberapa media menyatakan tidak adanya proyek lampu jalan pada tahun 2017.

“Sebelumnya di beberapa media memberitakan Kadishub membantah adanya proyek lampu jalan di ruas jalan kemakmuran Soppeng,“ ujarnya. Lebih lanjut ia menambahkan, “Pengguna anggaran tidak mengetahui adanya tender pada instansinya sendiri. Ini bisa diduga pembohongan publik, dan tidak transparansinya serta tidak profesionalnya Dinas Perhubungan”.

Dari pernyataan tersebut, proyek lampu jalan ini patut kita curigai ada permainan, terlebih pernyataan Andi Darliawan seakan-akan berupaya menyembunyikan proyek tersebut dari publik.
“Kalau tidak ada permainan, kenapa mesti di sembunyikan, kami menduga material proyek tersebut sudah jauh hari disiapkan,” ujarnya.
Alam menambahkan, pihaknya juga meminta pihak penegak hukum untuk selidiki proyek ini, karena dirinya menduga ada permainan pada proyek tersebut. “Kami tidak mau melihat Soppeng dirusak oleh segelintir orang, kalau proyek sekecil ini bisa dimainkan, bagaimana dengan proyek besar lainnya. Untuk itu, saya harap penegak hukum untuk menyelidiki proyek ini,” harap Alam.
Dikonfirmasi terpisah, Andi Darliawan membantah dirinya memberikan pernyataan kepada sejumlah media terkait pengadaan lampu jalan tersebut. “Saya tidak pernah memberikan pernyataan bahwa tahun 2017 tidak ada pengadaan lampu jalan, saya tidak pernah ucapkan itu,” ujar KadisHub.
Bahkan dirinya juga menepis dugaan pekerjaan lampu jalan yang berlokasi di Jalan Kemakmuran tersebut, dikerjakan secara diam-diam tanpa prosedur. “Itu tidak betul, semua kita kerjakan sesuai dengan prosedur, dimana dana yang kita gunakan dari anggaran APBD perubahan, katanya seperti dikutip dari salah satu media online. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here