Belajar Strategi Pemasaran, Mahasiswa STIEM LPI Lakukan Kunjungan Industri ke Indofood

0
56

MAKASSAR, CNEWS — Sebanyak 18 mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lembaga Pendidikan Indonesia  (STIEM-LPI) melakukan studi industri ke PT Indofood Sukses Makmur Tbk Makassar pada, Jumat (5-1-2018). Mereka bertolak perusahaan pabrik indomie di kawasan industri Makassar tersebut guna melakukan kunjungan industri.

Kegiatan ini didampingin oleh Dosen H. Andi Syarul Makkuradde. Pemberangkatan study banding ini dilaksanakan oleh pihak kampus sebagaian dari upaya mengedukasi para mahasiswa untuk melihat lebih dekat kegiatan industri.

Dikatakan oleh H. Andi Syarul Makkuradde kunjungan industri ini bertujuan untuk menambah wawasan dan menumbuhkan jiwa technopreneurship dikalangan mahasiswa.

“Kami berharap dengan bertemu langsung dengan para pengusaha muda di lokasi-lokasi usahanya, mahasiswa dapat lebih mengetahui suasana saat berwirausaha dan termotivasi mengembangkan jiwa technopreneurship untuk menjadi pengusaha-pengusaha sukses,” ujarnya.

Lanjutnya, H. Andi Syarul Makkuradde berupaya mengubah mindset mahasiswa ketika lulus nanti untuk tidak mencari pekerjaan melainkan menciptakan lapangan kerja. Upaya itu dilakukan salah satunya dengan menjadikan technopreneurship sebagai salah satu mata kuliah dalam kurikulum.

Sementara itu, Public Relation PT Indofood Sukses Makmur Tbk Makassar, Mustamin SE yang menerima kunjungan para mahasiswa ini berharap para mahasiswa bisa mengetahui kondisi dunia kerja, kunjungan industri sangat berperan dalam membentuk pola pikir dan semangat untuk berfikir ke arah yang lebih luas. Seperti halnya yang diadakan oleh STIEM LPI Jalan Bung Makassar ini.

“Era digital saat ini memberikan banyak kemudahan dan manfaat bagi masyarakat termasuk bagi para pengusaha untuk mempromosikan produk. Kita bisa mempromosikan produk melalui website, blog, dan media sosial lainnya yang jangkauannya luas, dengan biaya yang relatif murah, tapi sangat efektif untuk menarik minat konsumen, mahasiswa harus bisa menangkap peluang seperti ini guna memiliki jiwa technopreneurship,” paparnya.

Di perusahaan Indofood, para mahasiswa diajak keliling melihat langsung bagaimana pengelohan dan produksi Indomie dibuat sehingga siap dipasarkan. Selain itu, juga dilakukan sharing knowledge dalam rangka menambah wawasan para mahasiswa.

Sementara itu para mahasiswa yang hadir dalam kunjungan ini mengaku sangat mengapresiasi kegiatan study banding sebagai program wajib dan ‘melink & macth’ dunia industri dengan teori yang ada di bangku kuliah sehingga diharapkan memberikan value dalam mendukung kompetensi lulusan mahasiswa program studi manajemen.

Mahasiswa ingin menggali ilmu di dunia praktik sehingga selayaknya mereka melakukan studi industri. (LAPORAN : MUHAMMAD YUNAR )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here