Diberitakan Hampir Sepekan, Belum Mendapat Respon dari Aparat Penegak Hukum, Apkan Gerah dan akan Monitoring Kasus Kepala Desa Minanga, Kecamatan Rongkong, Luwu Utara

0
37

KETERANGAN FOTO : Dewan Pimpinan Pusat Aliansi Pemantau Kinerja Aparatur Negara (Apkan) saat melakukan monitoring terhadap salah satu proyek milik pemerintah di Kota Makassar belum lama ini.

 

MAKASSAR, CNEWS — Hampir sepekan diberitakan oleh media respon aparat penegak hukum terhadap Kepala Desa Minanga yang tidak menyalurkan bantuan Raskin yang dikompensasi dalam bentuk uang tunai di Desa Minanga, Kecamatan Rongkong selama sembilan bulan membuat Dewan Pimpinan Pusat Aliansi Pemantau Kinerja Aparatur Negara (Apkan) merasa gerah terhadap aparat penegak hukum di Luwu Utara.

“Kami menilai sudah sangat parah ini, masa hanya seorang kepala desa tidak bisa tersentuh hukum di wilayah Luwu Utara, kami memantau berita-berita yang mencul di media, baik cetak maupun online, Kepala Desa Minanga di Kecamatan Rongkong masa sebegitu hebatnya, belum ada panggilan maupun pemeriksaan terhadap dia dari aparat penegak hukum di Luwu Utara,” kata Wakil Ketua Umum DPP Apkan, Ahmadi Palakki SH kepada Celebesnews, Jumat (23/2/2018).

Menurut Ahmadi, bila hanya seorang kepala desa yang satu ini susah tersentuh hukum, lantas bagaimana dengan penyelesaian masalah penegakan hukum di wilayah Luwu Utara lainnya. “Kami masih meyakini aparatur penegak hukum baik Polres Luwu Utara dan jajarannya maupun Kejaksaan Negeri Luwu Utara masih memiliki integritas tinggi terhadap penegakan hukum. Karena itu, kami juga merasa terpanggil dan meminta persoalan Kepala Desa Minanga ini, jangan lagi masyarakat di Rongkong menangis dan tidak berdaya dengan adanya tindakan tidak terpuji seperti itu,” tandasnya.

Sudah seharusnya kepolisian maupun kejaksaan turun tangan menyelesaikan persoalan ini sehingga masyarakat kembali bisa mendapatkan hak-hak mereka yang sekian bulan tidak pernah mereka terima.

“Kami akan terus melakukan monitoring terhadap perkembangan penanganan hukum Kepala Desa Minanga di Kecamatan Rongkong, Kabupaten Luwu Utara ini, semoga segera diperiksa,” ujarnya.

Sementara itu, mantan Camat Rongkong, Kidar yang kini menjabat sebagai Camat Kecamatan Mappedeceng yang berusaha dihubungi oleh Celebesnews mengungkapkan tidak pernah mengetahui persoalan ini sebelumnya selama dirinya menjabat sebagai camat di Rongkong.

“Tapi nanti saya coba panggil Kepala Desa Minanga kenapa ada seperti itu, saya juga baru tau kalau ada kejadian seperti ini,” katanya saat dihubungi redaksi Celebesnews melalui handphone selulernya. ( LAPORAN : redaksi)