Kanit Binmas Polsek Baebunta Gencar Lakukan Kegiatan Sosialisasi Bahaya Narkoba

0
83

LUWU UTARA, CNEWS — Guna menekan maraknya peredaran Narkoba di tengah masyarakat, Kanit Binmas Polsek Baebunta, Bripka Sultan S. SH lakukan kegiatan Sosialisasi Bahaya Narkoba tentang Peningkatan Kesadaran Bahaya Napza (Narkotika, Alkohol, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya) kepada warga khususnya yang berada di Desa Rambu Bulue, Dusun Bumi Harapan Kecamatan Baebunta, Luwu Utara. Sosialisasi tersebut dilaksanakan pada, Sabtu (24/2/2018).

Kanit Binmas Polsek Baebunta, Bripka Sultan menyampaikan Bahaya Narkoba sudah meresahkan masyarakat karena itu, pihak kepolisian selalu berupaya selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dalam rangka Sosialisasi Narkoba.

“Bahaya Narkoba sangatlah berbahaya bagi kita dan banyak mejadi rusak penerus generasi masa depan, hal ini tak menjadi bosan selalu kami mengingatkan masyarakat untuk jangan sekali-kali menyentuh barang haram tersebut,” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi ini sendiri mengambil tema “Kampung Sehat Binmas Jiwaku Sehat, Ragaku Sehat, Kampungku Aman”.

Lebih lanjut disampaikan Kanit Binmas Baebunta, Bripka Sultan peredaran dan penyalahgunaan narkoba sampai saat ini masih terus terjadi. Walaupun pihak Kepolisian gencar mengadakan berbagai bentuk operasi untuk memberantas dan memutus mata rantai peredaran narkoba, namun ternyata masih saja ada pelaku baik sebagai pengedar maupun pemakai narkoba.

Hukuman berat menanti para pelaku penyalahgunaan narkoba. Penjara atau bahkan hukuman mati menanti bagi mereka yang berani atau sekedar mencoba-coba bermain-main dengan barang haram ini.

Generasi muda penerus Bangsa harus diselamatkan dari ancaman penyalahgunaan narkoba. Oleh karena itu, harus dijaga dan dibina agar menjadi generasi penerus yang berkualitas dan terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

Bahwa akan ada banyak permasalahan yang timbul pada generasi muda akibat dari penyalahgunaan Narkoba. “Pergaulan maupun pola gaya hidup yang didapat merupakan salah satu faktor penentu seseorang dapat terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba,” terang Kanit Binmas.

“Dan seharusnya ini merupakan suatu tugas besar bagi siapapun, baik itu pemerintah yang diwakili oleh sekolah-sekolah sebagai tempat untuk mendidik dan memberikan penyuluhan ataupun kami, pihak kepolisian yang dalam hal ini bertugas dalam penekanan peredaran narkoba itu sendiri dengan cara menangkapi para pengedar barang haram tersebut dan menjebloskannya kepenjara. Kemudian peran orang tua dalam melihat secara visual perkembangan para anak-anaknya dalam hal pegaulan dilingkungan sekitarnya ataupun diluar tempat tinggalnya. Namun peran yang tak kalah penting adalah kesadaran kolektif dari masing-masing kalian untuk bertekad dan bersatu padu, menolak narkoba dilingkungan kalian,” jelasnya.

Menurutnya, penyalahgunaan narkoba sangat berdampak bagi seseorang. Narkoba dapat mengakibatkan kematian karena narkoba terbuat dari bahan-bahan berbahaya untuk kesehatan tubuh. Bila tidak terkena HIV/aids atau mati over dosis pengguna narkoba bisa dipastikan akan menderita berbagai komplikasi karena zat narkoba benar-benar merusak dan pula menghancurkan tubuh secara perlahan. Maka untuk itu, narkoba harus di jauhi karena memiliki efek perusak terhadap tubuh manusia.

Kemudian dampak bagi kehidupan sosial penggunanya, Bripka Sultan mengingatkan, penyimpangan sosial bisa terjadi dengan mudah karena dampak narkoba, misalnya pencurian, tindakan asusila, dan hal-hal jelek yang sulit kita bayangkan bisa terjadi karena narkoba. Seseorang yang kecanduan narkoba ia akan selalu ingin mengkonsumsi narkoba yang jumlahnya akan terus meningkat dari hari ke hari.

Kanit Binmas juga mengingatkan bagi pengguna narkoba tentang ancaman akan hancurnya masa depan, seseorang yang kecanduan narkoba tidak akan memiliki masa depan. Jangankan untuk berkarir, untuk bersekolah saja tidak akan sanggup.

“Faktanya pengguna narkoba hanya ada 3 pilihan yaitu, Panti Rehabilitasi, Penjara, dan Kuburan. Maka dari itu, bila tidak ingin seperti itu terjadi jauhi narkoba,” tutupnya. (LAPORAN : SAMSIR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here