Bhabinkantibmas Polsek Sabbang, Bripka Arnoldus Saleko Pelopori Warga Tanam Cabai

0
40

LUWU UTARA,CNEWS — Sebagai salah satu komoditas pertanian yang harganya sangat berfluktuasi, sudah layak masyarakat menanam cabai sendiri di rumah. Tak perlu ruang besar, warga bisa memanfaatkan ruang kecil sekalipun untuk menanam cabai.

Karena itu, seorang anggota kepolisian yang bertugas di Polsek Sabbang, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan bernama Bripka Arnoldus Saleko mencoba membuat sebuah gagasan dengan mengajak masyarakat membuat kebun cabe percontohan sebagai inovasi dalam membantu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan bagi petani.

Bripka Arnoldus Saleko bertugas di Polsek Sabbang sehari-hari selalu dekat dengan masyarakat karena memang posisinya sebagai Bhabinkamtibmas, sehingga lebih banyak bersentuhan langsung dengan warga sehari-hari.

Bripka Arnoldus menuturkan, sebenarnya pemerintah selalu memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar bisa memanfaatkan lahan yang ada untuk bercocok tanam. Tak hanya untuk komoditas cabai, juga komoditas pertanian lainnya.

Karena itu, dirinya terpanggil mengajak masyarakat memanfaat lahan warga dalam menanam cabai sehingga lahan yang dulunya kurang produktif bisa jadi memberi dampak positif.

Meski tidak untuk dijual, paling tidak untuk persediaan sendiri. Bripka Arnoldus menyarankan agar masyarakat yang tidak memiliki lahan luas bisa menyiasatinya dengan menanam cabai.

Cara menanam cabai, kata dia, cukup mudah dilakukan. Bisa dilakukan, baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. “Mudah-mudahan dengan gagasan-gagasan kecil seperti ini bisa memberi manfaat kepada masyarakat,” tuturnya. (LAPORAN : SAMSIR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here